Mengatasi Sunburn dan Luka Bakar Dengan Lidah Buaya

Sunburn atau luka bakar sering terjadi pada kebanyakan orang. Tanaman lidah buaya bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Tanaman lidah buaya sering dijumpai di Indonesia. Bahkan tidak jarang yang menanam lidah buaya di pekarangan rumah sebagai tanaman hias.

lidah buaya, aloe vera, luka bakar, sunburn

Kebanyakan orang menjadikan lidah buaya sebagai tanaman hias saja. Mereka tidak menyukai ketika lidah buaya patah, karena akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Cairan seperti lendir yang keluar dari tanaman lidah buaya, banyak yang jijik atau tidak menyukainya. Bahkan tidak sedikit pula yang akhirnya menyingkirkan lidah buaya dari pekarangan rumahnya, ketika lidah buaya sudah mulai membusuk atau mengeluarkan bau yang tidak enak.

Jadi jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di halaman rumah atau pekarangan Anda, jangan singkirkan dulu. Karena dibalik baunya yang tidak sedap, lidah buaya bisa Anda jadikan bahan perawatan kulit yang murah dan efektif.

Manfaat lain dari lidah buaya selain tanaman hias di rumah, juga membantu jika suatu saat Anda mengalami sengatan sinar matahari yang parah. Sengatan sinar matahari ini sifatnya seperti luka bakar, yang akan membuat kulit memerah dan mengelupas seperti terkena knalpot motor. Sunburn atau terbakar sinar matahari ini biasanya terjadi karena berada dibawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama, dan cuaca dalam kondisi sangat panas. Awalnya kulit akan memerah seperti iritasi, kemudian juga bisa mengeluarkan cairan, dan kulit seperti melepuh atau mengelupas.

Dengan menggunakan lidah buaya, Anda bisa mengatasi masalah terbakar sinar matahari ini (sunburn). Caranya cukup mudah, tinggal ambil lidah buaya dan keluarkan lendir atau bagian daging lidah buaya. Kemudian Anda oleskan di kulit yang terbakar sinar matahari. Cara ini akan bekerja pertama kali untuk menenangkan atau mendinginkan kulit yang terbakar. Anda bisa menggunakan ini berkali kali hingga kulit benar-benar pulih.

Tidak hanya saat sunburn (terbakar sinar matahari), lidah buaya atau aloe vera ini juga bisa digunakan untuk masalah iritasi kulit lainnya.

Perlu diingat, bahwa jangan berlebihan menggunakan tanaman lidah buaya untuk mengobati sunburn atau luka bakar Anda. Hal ini berfungsi untuk menjaga kelestarian tanaman lidah buaya di rumah Anda. Sehingga ketika terjadi masalah lain yang membutuhkan lidah buaya, maka tanaman tersebut tetap bisa digunakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel