Thursday, October 11, 2018

Apa itu akupuntur atau pengobatan tusuk jarum?

Akupuntur adalah bentuk perawatan kesehatan holistik yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu serta meringankan rasa sakit dan membius pasien saat operasi. Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dimulai di Cina dan telah dipraktekkan selama lebih dari 5.000 tahun.

akupuntur, tusuk jarum

Catatan paling awal tentang akupuntur ditemukan dalam buku berjudul Nei Jing yang dalam bahasa Inggris berarti Classic of Internal Medicine from Yellow Emperor. Isi tanggal buku ini sekitar 200 SM. Saat itu, mereka tidak menggunakan jarum logam dan malah menggunakan jarum yang terbuat dari batu, moxibustion dan herbal untuk mengobati pasien.

Akupunktur mencegah dan mengobati penyakit dengan memasukkan jarum yang sangat halus ke kulit khususnya pada titik-titik anatomis tubuh.

Prinsip di balik konsep ini adalah penyakit terjadi karena ada ketidakseimbangan dalam kekuatan hidup Anda atau dikenal sebagai Qi. Diyakini bahwa ini mengalir dalam 14 saluran dalam tubuh manusia yang dikenal sebagai meridian yang bercabang ke organ dan fungsi tubuh. Jika ada sumbatan atau obstruksi di salah satunya, maka ini menjadi penyebab penyakit.

Ketidakseimbangan dalam Qi dapat disebabkan hal lain yaitu karena Yin dan Yang. Orang itu hanya bisa normal jika ada keselarasan antara keduanya. Hal ini bisa diselaraskan oleh akupuntur. Ini hanya dapat dipulihkan dengan menstimulasi titik-titik akupunktur ini sehingga Qi Anda dapat disesuaikan, seimbang, dan selaras.

Selain menggunakan jarum, praktisi juga menggunakan gesekan, panas, impuls energi elektromagnetik dan tekanan untuk menstimulasi titik-titik ini untuk menyeimbangkan pergerakan energi dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan seseorang.

Contoh dari hal ini adalah sonopuncture di mana perangkat ultrasound yang mentransmisikan gelombang suara diterapkan pada titik-titik ini di dalam tubuh. Beberapa menggunakan garpu tala dan perangkat getaran lainnya.

Contoh lainnya yaitu akupuntur, yang digunakan untuk menghidupkan kembali rasa sakit.

Impuls energi elektromagnetik digunakan karena tubuh kita menghasilkan kecil tetapi pelepasan listrik yang mempengaruhi fungsi, pertumbuhan dan kematangan jenis sel tertentu. Dengan memasukkan jarum di area ini, ia merangsang dan mengubah neurotransmitter di tubuh sehingga membuat pasien merasa lebih baik setelah perawatan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, berikut adalah daftar beberapa penyakit di mana akupunktur bisa diterapkan. Termasuk bronkitis akut, pilek biasa, katarak, sakit gigi, radang gusi, cegukan, bisul, sembelit, diare, sakit kepala dan migrain, penyakit Meniere, osteoartritis, dan banyak lagi. Di AS, akupunktur sering digunakan untuk mengobati kondisi nyeri kronis dan gangguan tubuh pikiran.

Tetapi akupunktur tidak bebas risiko. Hematoma dapat terjadi jika jarum menembus struktur sirkulasi. Juga mungkin bahwa pneumotoraks dapat terjadi jika jarum dimasukkan terlalu dalam. Ada juga risiko HIV dan hepatitis jika jarum tidak disterilkan dengan benar.

Sekarang Anda tahu apa itu akupunktur, Anda tidak boleh lupa bahwa itu hanyalah sebuah alternatif dan bukan bentuk perawatan medis yang tepat. Ini berarti Anda masih harus diperiksa oleh seorang profesional di bidang medis yang dapat menentukan tingkat keparahan penyakit Anda.