Sunday, February 11, 2018

Cara menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar

Cobalah cara menghilangkan bau tanah pada ikan air tawar berikut ini, jika Anda pernah mengkonsumsi menu ikan air tawar, lantas dagingnya masih seperti tanah ataupun berbau lumpur. Hal ini akan mengurangi nafsu makan Anda. Perlu diketahui bahwa bau tanah ini ternyata berasal senyawa kimia geosmin yang dihasilkan oleh alga hijau biru serta bakteri actinomyus.

bau ikan, ikan, ikan air tawar, Kuliner, makanan, masakan, tips memasak,

Nah, buat menyiasatinya kami menyiapkan beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Langsung saja, simak tips lengkapnya berikut ini.

Cuci ikan hingga bersih


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan seluruh bagian ikan sampai benar-benar bersih. Caranya dengan mencuci ikan dengan air mengalir yang kondisinya bersih. Kemudian belah ikan dan buang isi perut hingga bersih sebab bagian ini sebagai asal bau tanah.

Rendam ikan


Sesudah itu rendam ikan pada campuran garam, jeruk nipis, serta  kunyit. Tambahkan air secukupnya dan rendam selama 60 menit.

Cara penyimpananikan agar tidak bau


Jika Anda tidak langsung mengolah ikan serta masih ingin menyimpannya dalam kulkas, setelah dibersihkan pastikan Anda membalurkan garam secukupnya diseluruh permukaan ikan. Cara ini bertujujan menghilangkan bau, karena garam bisa mengikat bau.

Menggunakan air cuka


Perlu diketahui bahwa Anda juga bisa menggunakan. Air cuka ternyata mampu membantu agar ikan air tawar tidak bau tanah. Caranya cukup sederhana yaitu dengan merendam ikan pada air cuka sekitar 60 menit sebelum mengolahnya.

Nah itulah beberapa saran simpel untuk Anda coba agar ikan tak bau tanah. Dengan cara ini Anda bisa menikmati ikan air tawar lebih berselera.

Article source : https://goo.gl/WdDDqu