Cara membuat telur asin dari telur ayam biasa

Berikut cara membuat telur asin dari telur ayam biasa yang perlu Anda coba. Jadi ika Anda punya keinginan untuk membuat telur asin, akan tetapi Anda tidak mempunyai telur bebek. Jangan khawatir, sebab Anda bisa menggunakan telur ayam. Untuk menghasilkan telur asin sebenarnya nggak harus memakai telur bebek. Tanpa telur bebek pun, kita bisa memproduksi telur asin yang lezat.
Kuliner, makanan, masakan, membuat telur asin, telur asin, tips memasak,

Manfaatkan telur ayam ras atau telur yang biasa dibeli di pasar atau pun supermarket buat memproduksi telur asin. Ini yang perlu Anda perhatikan serta bagaimana cara mengolahnya.

Gunakan bahan dengan kualitas baik


Anda harus memastikan memilih bahan yang berkualitas baik buat membuat telur asin. Pilih telur yang masih baru, juga garamnya yang bersih serta  bahan lain yang memiliki kualitas baik. Bahan buat membentuk telur asin ayam ras ini yaitu tujuh buah telur ayam mentah, 1 rimpang jahe (haluskan), 250 gr garam, 7 siung bawang putih yang telah dihaluskan, serta  seliter air.

Cuci telur hingga benar-benar bersih


Cuci telur ayam yang Anda gunakan untuk telur asin hingga benar-benar bersih. Anda perlu mencuci di bawah air yang mengalir supaya semua kotoran yang melekat di kulit telur bersih. Jika telah benar-benar bersih, keringkan telur menggunakan kain lap kering dan bersih, kemudian lap bagian luarnya perlahan-lahan. Cuci lagi telur dan bersihkan lagi hingga 2 hingga 3 kali. Hal ini dilakukan agar pori-pori di kulit telur lebih terbuka dan rasa asin telur bisa lebih meresap nantinya.

Proses mencampur serta merendam telur pakai air garam


Siapkan semua bahan kemudian campur jahe, garam, serta bawang putih sampai benar-benar rata. Tuangkan telur ke pada toples lalu siram dengan air garam yang telah dicampur jahe dan bawang putih. Kemudian beri penahan pada atas telur supaya telur terendam sempurna. Tutup toples sampai kedap udara, lalu simpan pada tempat yang sejuk dan kering.

Waktu yang dibutuhkan untuk merendam telur


Agar telur asin mempunyai rasa asin atau legit yang tepat, rendam telur lebih kurang selama 10 sampai 12 hari.

Cuci telur serta kukus telur


Bila telah direndam selama waktu 10 hingga 12 hari, telur asin siap dikukus atau juga direbus. Keluarkan telur dari pada toples, kemudian cuci hingga bersih di bawah air mengalir. Dan setelah itu kukus atau rebus selama sekitar 60 menit hingga matang benar-benar matang. Setelah matang, Anda bisa memisahkan telur dengan air rebusannya.

Mengeringkan telur asin


Setelah direbus atau dikukus, taruh telur di wadah terbuka dan diangin-anginkan. Hal ini agar telur kering dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, tanpa telur bebek pun, Anda tetap dapat menghasilkan telur asin yang enak di rumah. Gimana, Anda tertarik mencobanya kan?

Namun ingat, Anda harus memastikan supaya semua bahan yang dipergunakan buat membuat telur asin ini kualitasnya baik.

Image credit : https://goo.gl/6gQWBj
Article source : https://goo.gl/Hnt5NC