10 Cara aman belanja online dengan kartu kredit

Berikut adalah cara aman belanja online dengan kartu kredit yang bisa Anda pelajari. Dalam panduan ini dikhususkan untuk belanja melalui website, sehingga akan dibahas juga tentang website yang aman untuk melakukan transaksi online. Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

belanja online, bisnis online, tips,

Teliti toko online


Tips ini harus dilakukan bila anda berbelanja seperti baju secara online di situs web yang anda sendiri kurang familiar. Periksa angka telepon si penjual dan  hubungi mereka.

Jikalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari google atau yahoo lalu ketikan nama situs web itu. Carilah ulasan yang berasal dari konsumen mereka. Jikalau ada suatu hal yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.

Pelajari kebijakan web toko online


Cermati, Jangan sampai di kebijakan itu ada poin tersembunyi yang mengungkapkan jikalau pengelola situs web boleh memberikan data eksklusif ke pihak lain.

Baca jua kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi bila barang yang dikirim rusak atau cacat, anda boleh mengirim barang yang rusak itu dan  tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda balik lagi.

Periksa juga siapa yang akan membayar pengembalian barang itu.

Pelajari deskripsi produk


Curigailah pada produk bermerek yang  mereka dijual menggunakan pengurangan harga atau diskon yang sangat besar.

Waspadai produk murah


Jangan buru-buru jatuh cinta dengan tawaran produk yang menggunakan harga murah yang berasal dari e-mail, apalagi meminta id dan  kata sandi  tanpa pemeritahuan dan seizin pemilik e-mail.

Tapi hati-hati, spammer mampu merayu Anda. Ia akan mengirimkan e-mail yang seolah-olah berasal perusahaan dengan reputasi baik. Usahakan untuk mengunjungi situs web perusahaan tersebut, dan lebih baik belanja di perusahaan dengan reputasi baik secara langsung.

Pastikan website memiliki security


Indikasi itu umumnya berupa gambar gembok pada baris status (status bar) pada browser Anda. Sebelum memasukkan informasi eksklusif, periksa pertanda itu ada apa tidak.

Ketika anda diminta buat memasukkan segala informasi terkait pendaftaran  nomor  kartu kredit, lihat alamat situs web-nya. Harusnya alamat situs web berubah dari format http ke 'https'. Hal ini merupakan info pembayaran yang dienkripsi, sehingga transaksi bisa lebih aman.

Proteksi komputer dan handphone Anda


Minimal pc  atau smartphone Anda wajib  punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware serta firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur supaya pc terlindung dari bahaya atau ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.

Pelajari sistem pembayaran


Pembayaran umumnya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, anda punya bukti cukup kuat jikalau anda telah melakukan transaksi bila barang tidak diantar atau tak sesuai dengan deskripsi produk.

Tapi, karena banyaknya pencurian menggunakan nomor kartu kredit, pembayaran dengan memakai sistem mirip paypal, transfer kirim, atau cod boleh dipertimbangkan.

Periksa total yang harus dibayar


Harga produk, biaya tambahan kemasan, biaya kirim jika dalam jumlah besar bisa mendapatkan diskon. Bandingkan harga total dari suatu situs web yang Anda beli dengan menggunakan situs web lain.

Simpan bukti pembayaran


Termasuk penjelasan produk serta harga, kuitansi digital, dan  juga salinan e-mail antara anda dengan penjual juga perlu disimpan sebagai bukti jika suatu ketika terjadi masalah dalam transaksi yang Anda lakukan.

Putus koneksi internet setelah belanja


Bila koneksi internet pada komputer atau smartphone dinyalakan terus, kemungkinan bisa saja dibobol oleh hacker atau spammer yang telah menyiapkan malware pada komputer atau smartphone Anda.

Image Credit : https://goo.gl/Q2FyYb
Article source : https://goo.gl/T7xSwY

This Is The Newest Post