6 Cara membuat susu kacang kedelai agar tidak langu

Cobalah cara membuat susu kedelai agar tidak langu berikut ini. Untuk membuat susu kacang kedelai agar tidak langu, ada 6 cara yang bisa Anda lakukan. 6 Cara ini mulai dari proses pemilihan biji kacang kedelai hingga yang terakhir pada proses penyaringannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

kedelai, Kuliner, masakan, sari kedelai, susu kedelai, tips, tips memasak,

Susu kedelai ialah salah satu bagian dari minuman yang kaya akan kandungan nutrisi serta manfaat yang menyehatkan. Hal yang membuat menarik yaitu bahwa susu kedelai juga sebagai minuman dengan cita rasa yang lezat, spesial, serta menggugah selera. Susu yang dikenal dengan sebutan soya milk atau soy milk ini pun dapat menyegarkan, membuat kenyang sekaligus tidak memiliki kandungan lemak buruk.

Mengutip laman drweil dot com, bahwa susu kedelai bisa dikonsumsi seluruh orang pada segala usia mulai usia anak-anak sampai usia orang dewasa bahkan orang tua. Dengan cara dan teknik pengolahan yang tepat, susu kedelai mampu mempunyai cita rasa yang enak serta bikin Anda menyukainya. Akan tetapi, cara pengolahan yang keliru juga akan membentuk susu kedelai mempunyai rasa langu yang jarang disukai.

Agar susu kedelai yang kita buat sendiri tidak memiliki rasa langu, ada beberapa tips yg perlu di perhatikan dengan benar. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Proses memilih biji kacang kedelai


Tips yang pertama merupakan menentukan kacang kedelai yang memiliki kualitas yang benar-benar baik. Yaitu dengan menyisihkan biji kedelai yang sudah pecah serta masih utuh. Gunakan biji kedelai yang masih utuh, bagus serta  baru. Kemudian cuci bersih biji kedelai yang hendak diolah untuk susu kedelai. Saat mencuci biji kedelai, jangan gunakan biji kedelai yang mengambang di air.

Proses merendam biji kacang kedelai


Rendam biji kedelai dengan air bersih kurang lebih selama 8 sampai 12 jam. Ganti air buat merendam biji kedelai paling usang 6 jam sekali. Jika kedelai sudah direndam serta kulitnya mengelupas, buang kulit kedelai hingga benar-benar bersih. Cuci sampai bersih biji kacang kedelai yang telah terpisah dengan kulitnya.

Proses menghaluskan biji kacang kedelai


Haluskan biji kedelai yang sudah dicuci hingga benar-benar besih, dengan blender atau mesin penghancur makanan lainnya. Kemudian saring kedelai yang sudah dihaluskan menggunakan kain katun yang kondisinya bersih. Ambil sari kedelainya saja serta pisahkan ampasnya.

Proses perebusan susu kedelai


Rebus air perasan kedelai supaya menjadi susu kedelai menggunakan nyala api sedang. Pastikan panci yang Anda gunakan untuk merebus sari kedelai benar-benar bersih. Pastikan pula nyala api buat merebusnya mempunyai nyala api yang sedang serta stabil. Jangan panaskan susu kedelai di atas nyala api yang terlalu panas ataupun terlalu redup.

Penambahan gula serta bahan selainnya


Buat menghasilkan cita rasa susu kedelai yang menggugah selera, Anda dapat menambahkan gula pasir, vanili serta aroma minuman buah-buahan ataupun cokelat. Masukkan secara bertahap kemudian mix (campur) hingga menyatu sembari direbus hingga panas dan mendidih.

Proses penyaringan susu kedelai yang telah matang


Penyaringan dilakukan agar memperoleh susu kedelai dengan kualitas super serta cita rasanya lezat tanpa langu. Sajikan susu kedelai yang sudah matang selagi masih hangat serta simpan susu kedelai yang memang belum hendak dikonsumsi pada lemari es.

Itulah tips agar susu kedelai tak langu. Tips yang sangat praktis bukan? Selamat mencoba dan  semoga tips ini berguna.

Image Credit   : https://goo.gl/BSAokq
Article source : https://goo.gl/EVwFN4