5 Cara menyimpan gula pasir agar tidak meleleh dan menggumpal

Anda pelu mengetahui cara menyimpan gula pasir agar tidak meleleh dan menggumpal. Cara ini penting karena ketika salah dalam menyimpan gula pasir, maka akibatnya gula akan rusak dan berubah bentuk jadi meleleh atau lengket, serta menggumpal.

agar gula tidak meleleh, agar gula tidak menggumpal, gula, gula pasir, Kuliner, masakan, menyimpan gula, tips memasak,

Perlu diketahui bahwa gula merupakan pemanis makanan yang hampir selalu ada di dapur. Gula sering digunakan untuk bumbu masakan agar masakan terasa manis dan sedap. Selain masakan, penggunaan gula juga umum dalam berbagai jenis minuman. Sehingga hal tersebut menjadikan gula sebagai salah satu bahan makanan yang paling dibutuhkan. Bahkan tidak jarang setiap rumah tangga menyimpan gula di dapurnya dalam jumlah banyak.

Namun jika Anda menyimpan gula dalam jumlah banyak, maka Anda memiliki resiko yaitu gula menjadi menggumpal dan juga mencair atau lengket. Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena berikut ini ada tips untuk menyimpan gula agar tidak menggumpal dan lengket.

Gunakan wadah tertutup dan kering untuk menyimpan


Wadah tertutup atau kedap udara yang kondisinya kering bisa menjadi solusi agar gula yang Anda simpan tidak menggumpal atau mencair (lengket). Anda bisa menggunakan wadah yang terbuat dari kaca atau keramik, karena bahan ini bisa meminimalisir udara basah yang masuk yang bisa membuat gula menjadi menggumpal atau mencair.

Hindari penyimpanan di tempat yang panas


Perlu diketahui bahwa kondisi panas dapat membuat gula mencair atau meleleh. Sehingga usahakan untuk tidak menyimpan gula di dekat kompor atau tempat-tempat yang memiliki temperatur panas tinggi.

Gunakan cengkeh atau daun jeruk yang kering


Daun jeruk yang kering dan cengkeh ini bisa digunakan untuk menolak agar semut tidak datang ke gula. Selain berguna untuk menghindari semut, cengkeh dan daun jeruk kering juga bermanfaat untuk menjaga agar gula bertahan lebih lama.

Hindari menyimpan di tempat yang lembab


Tempat lembab atau udara yang basah dapat  merusak gula.  Gula yang disimpan ditempat lembab bisa menggumpal bahkan bisa lengket atau mencair. Sehingga usahakan tidak menyimpan gula di dalam kulkas atau tempat-tempat yang memiliki udarah basah misalnya di dekat tempat mencuci piring, wastafel, dekat bumbu seperti bawang dan sebagainya.

Perhatikan kualitas gula


Perlu diketahui bahwa kualitas gula juga mempengaruhi tingkat kerusakan gula. Biasanya gula yang berkualitas baik tidak berwarna terlalu coklat. Anda bisa menggunakan gula dengan warna putih dan tidak saling menempel (bentuknya seperti pasir).

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika menyimpan gula agar tidak rusak entah itu menggumpal atau juga mencair sehingga menjadi lengket. Jika Anda memiliki pengalaman terkait dengan hal ini, Anda bisa berbagi bersama pembaca lain di kolom komentar di bawah ini.

Image Credit : https://goo.gl/dEVhxS
Article source : https://goo.gl/PWZ3Zz