Cara memasak bubur sumsum agar tidak menggumpal dan lembut

Anda perlu mencoba cara memasak bubur sumsum agar tidak menggumpal. Hal ini umum terjadi pada bubur sumsum, bahkan tidak hanya menggumpal tapi juga bau tepung. Mau tau bagaimana caranya? Lanjutkan membaca artikel berikut ini.
agar bubur sumsum tidak menggumpal, bubur sumsum, Kuliner, memasak bubur, memasak bubur sumsum, tips memasak,

Bubur sumsum merupakan makanan favorit banyak orang. Hal ini karena tekstur bubur sumsum yang lembut dan memiliki cita rasa yang manis serta gurih. Tekstur, rasa dan aroma bubur sumsum inilah yang membuatnya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki jenis bubur yang selainnya.

Namun, ketika memasak bubur sumsum ada kendala yang dihadapi setiap orang. Salah satunya yaitu bubur menjadi menggumpal dan tidak merata dan juga rasa tepung masih melekat.  Namun jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini.

Menggunakan bahan segar dan tidak rusak


Cara yang pertama yaitu usahakan untuk menggunakan bahan-bahan yang segar. Misalnya menggunakan santan segar, dan juga tepung yang digunakan masih bagus. Tepung yang masih bagus ini biasanya memiliki warna mengkilat dan tidak bau apek.

Mengaduk tepung dan santan


Kemudian, Anda perlu melarutkan tepung beras dengan santan segar. Hal ini diperlukan dengan tujuan agar tepung dan santan bisa menyatu saat proses pemanasan. Perlu Anda ketahui bahwa jika tidak dilarutkan terlebih dahulu, maka nantinya tepung akan menggumpal dan menjadikan adonan bubur yang tidak lembut.  Caranya yaitu dengan mencampur tepung beras dengan santan dalam wadah yang besar. Anda perlu mengaduknya hingga larut dan teksturnya licin atau tidak menggumpal.

Masak dengan api sedang dan adus terus menerus


Setelah proses mencampur santan dan tepung, Anda perlu merebus atau memasaknya dalam api sedang. Ketika proses memasak ini, Anda perlu mengaduk adonan bubur terus menerus hingga mendidih. Penggunaan api kecil dan juga mengaduk secara terus menerus ini bertujuan agar santan tidak menggumpal atau pecah.

Tambahkan rempah


Setelah adonan bubur telah mendidih, Anda bisa memberinya beberapa rasa atau aroma dari rempah khas Indonesia. Misalnya Anda bisa menggunakan daun pandan, kayu manis, bahkan juga jahe untuk memberikan cita rasa yang khas.

Image Credit : https://goo.gl/rehAUx
Article source : https://goo.gl/chWcwn

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel