Friday, December 22, 2017

Cara masak ikan asin agar tidak terlalu asin

Anda perlu mencoba cara masak ikan asin agar tidak terlalu asin. Memang ikan asin menjadi favorit, tapi jika rasa asinnya berlebihan juga tidak enak dikonsumsi. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara memasak ikan asin agar tidak terlalu asin.

cara masak ikan asin, ikan asin, Kuliner, masakan, tips memasak,

Ikan asin hingga saat ini menjadi salah satu bagian makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau dengan cita rasa yang relatif nikmat dan mampu disimpan dalam jangka panjang, mengakibatkan ikan asin sebagai salah satu bahan pangan yang seolah tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Gunakan garam beryodium untuk merendam ikan asin


Tidak sedikit orang yang berpikir jika merendam ikan asin ke pada air garam akan menghasilkan rasa ikan asin yang berlebihan. Namun jangan keliru, merendam ikan asin pada dalam air garam dengan yodium justru akan membuat rasa asin pada ikan berkurang. Caranya sederhana, yaitu rendam ikan asin di dalam air garam sekitar 1/3 jam atau 20 menit. Kemudian cuci hingga bersih pada air mengalir sampai benar-benar bersih.

Gunakan kertas roti atau kertas buram


Tips selanjutnya yaitu dengan merendam ikan asin dengan menggunakan kertas roti ataupun kertas buram. Rendam sekitar setengah jam lalu cuci bersih. Usahakan hanya menggunakan jenis kertas roti atau kertas buram yang bersih, dan jangan memakai kertas koran yang sudah ada serbuk atau tintanya. Tinta atau serbuk tulisan pada kertas sangat berdampak buruk pada kesehatan.
Panaskan ikan asin menggunakan air tawar

Dengan merebus ikan asin menggunakan air  tawar, tidak hanya mengurangi  cita rasa asinnya. Tetapi, hal ini bisa menjadikan tekstur ikan asin jadi makin empuk. Bila khawatir dengan merebus ikan asin akan membuatnya hancur, maka Anda bisa mencoba untuk merendam ikan asin menggunakan air hangat selama setengah jam.

Mengolah ikan asin dengan rempah atau bumbu dapur


Pastikan buat menggunakan bumbu dapur yang masih segar ketika memasak ikan asin. Bumbu atau rempah yang masih segar akan menjadikan rasa nikmat di setiap masakan termasuk pada ikan asin. Anda juga harus menghindari memakai bumbu yang siap pakai atau bumbu serbuk, karena hal ini mampu menjadikan rasa ikan asin kurang menarik. Hindari pula memasak ikan asin dengan menambahkan sejumlah garam ke pada bumbu. Tanpa tambahan garam pun, masakan ikan asin telah berasa asin.

Nah, itulah beberapa tips agar rasa ikan asin tidak terasa asin berlebihan. Semoga tips ini berguna untuk Anda. Terima Kasih.

Image Credit : https://goo.gl/3FNkPg
Article source : https://goo.gl/5S3Dnc