Thursday, September 22, 2016

Cara bijak menggunakan informasi dari internet

Cara bijak menggunakan informasi dari internet - Apakah Anda pengguna internet  yang  menggunakan informasi di internet sebagai referensi? Jika benar demikian, mungkin Anda perlu menjadi seorang yang bijak dalam menggunakan informasi di internet. Penulis akan mencoba memberikan pandangan tentang informasi yang ada di dalam internet dan bagaimana menggunakannya secara bijak.


Cara bijak menggunakan informasi dari internet

Beberapa waktu lalu, penulis berdialog dengan teman yang masih mahasiswa dan pelajar tentang tugas kuliah dan juga pelajaran. Ada suatu yang menarik, yaitu ketentuan penggunaan sumber referensi di internet. Ketentuannya yaitu dilarang meggunakan informasi dari blog gratisan seperti blogspot.com atau wordpress, yang artinya referensi yang bisa digunakan yaitu hanya boleh dari domain berbayar misalnya .com .net .org  dan sebagainya.

Nah, dari obrolan tersebut ada yang membuat penulis bertanya “Apakah informasi / sumber data dari domain berbayar itu bisa dipertanggungjawabkan?” , kalau misalnya dari blog gratisan tapi informasi atau datanya valid, kenapa tidak digunakan? Begitu juga sebaliknya, jika dari domain berbayar menurut penulis tidak selalu berisi informasi atau data yang valid juga.

Faktanya, setiap orang di dunia bisa secara bebas memposting apapun di internet baik berupa teks, gambar, ataupun video. Semua postingan tersebut bisa berupa hal-hal positif hingga yang negatif, bahkan informasi atau data yang salah dan juga yang benar / valid bisa saja di upload atau post di internet.  Media postingnya pun bisa dari blog gratisan ataupun domain berbayar, jadi memang website / paid domain tidak bisa dijadikan dasar benar atau salahnya suatu informasi.

Misalkan seseorang menggunakan suatu informasi di internet, kemudian menerapkan informasi tersebut dalam kehidupan.  Jika informasi yang diperoleh adalah informasi yang baik dan benar, mungkin tidak ada masalah dan bahkan akan sangat bermanfaat. Namun bagaimana jika informasi yang didapatkan adalah yang buruk dan salah? Informasi yang kliru tersebut akan menjadi landasan dalam berperilaku di kehidupan nyata.

Misalnya terkena luka bakar dan mencari informasi tentang tips mengobati luka bakar di internet, jika informasi yang digunakan salah maka kemungkinan lukanya tidak sembuh, dan bahkan bisa menjadi lebih parah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan menggunakan data atau informasi di internet secara mentah. Maksudnya adalah jangan langsung digunakan sebelum dipahami secara menyeluruh dan memastikan informasi tersebut adalah informasi yang valid atau benar. Kemudian coba bandingkan dengan informasi dari sumber informasi yang selainnya, jika ada yang tidak logis atau bertentangan pasti akan terlihat jika dilakukan perbandingan informasi. Dan kalau bisa menggunakan sumber informasi yang terpercaya dan bukan yang abal-abal, jadi tidak asal mengambil informasi / data dari internet secara mentah-mentah.

Artikel Terkait