Segera Ajari Anak Anda belajar Dan Manajemen Waktu

Mengajarkan Anak Anda belajar Dan Manajemen WaktuSetiap anak memiliki waktunya tersendiri, yang dimana untuk belajar. Belajar bagi anak merupakan kewajiban yang dilatih sejak dini agar terbiasa untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, selain itu anak-anak memiliki waktunya tersendiri untuk bermain dengan belajar dimana dalam semua pembelajaran bagi anak, orang tua terkadang mengarahkan dan meminta anak melakukan kegiatannya dengan rutin termasuk untuk belajar, kecuali pada hari libur. 

Belajar dari kebanyakan anak-anak lebih banyak dengan bermain dan belajar sambil bermain. Memang, salah satu metode yang menyenangkan adalah belajar sambil bermain, bukan bermain saja atau belajar.


Segera Ajari Anak Anda belajar Dan Manajemen Waktu


Bermain memang menyenangkan dan mengasyikkan, namun jika tidak dikontrol dan diatur dengan benar, maka akan memberikan dampak yang tidak positif lagi. Belajar sambil bermain yang menyenangkan merupakan salah satu metode yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang tidak termasuk oleh orang tua. 

Hal ini memang biasa dilakukan di kalangan anak-anak hingga remaja, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni waktu untuk belajar dan bermain pada remaja sudah waktunya mereka bisa untuk mengontrol diri dan mengatur waktu mereka sembari diawasi dan dipantau oleh orang tua. Sedangkan, pada anak-anak antara belajar dan bermain memang bisa menjadi berbeda atau menjadi satu kesatuan. 

Dimaksud dengan kesatuan adalah guru atau prang tua mengajarkan atau memberi hikmah kedapa si kecil mengenai kejadian tertentu yang sedang dialaminya, atau mengajarkan si kecil untuk melakukan sesuatu yang menyenangan dengan tetap mengarahkan dan mengawasinya. Pada hal ini, dapat diselipkan untuk memberikan anak-anak suatu ilmu baru yakni belajar untuk mengatur waktu.

Dalam hal ini bukan berarti membatasi setiap kegiatan anak, namun anak-anak diajarkan untuk disiplin dan mengatur waktunya, misalkan dalam hal bermain. Contohnya misalkan,
“adek boleh ikut menanam bungan (memegang tanah, membawa sekrop, dll) tapi nanti pukul 4 adek mandi yaa..”
atau contoh lain

“adek selesaikan tugas dari ibu guru dulu ya, sebelum tidur, jangan lupa gosok gigi dulu..).

Jadi tidak ada paksaan, dikarenakan anak masiah dalam proses pembelajaran dalam membentuk kebiasaan anak, sehingga adanya arahan dari orang tua dan juga perhatian orang tua turut mengambil alih dalam proses belajar yang menyenangkan dan manajemen waktu si kecil.

Comments

sapasehat.com