Friday, August 5, 2016

Perbandingan dampak penggunaan kantong plastik dan kantong kertas

Perbandingan dampak penggunaan kantong plastik dan kantong kertas - Beberapa waktu lalu sedang booming berita tentang penggunaan kantong plastik berbayar, dengan alasan untuk kelestarian alam atau lingkungan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas sekilas tentang penggunaan kantong plastis dan juga solusi pengganti kantong plastik yaitu paper bag (kantong kertas).


Perbandingan dampak penggunaan kantong plastik dan kantong kertas


Banyak pihak yang memperdebatkan tentang dampak penggunaan paper bag (kantong kertas) dan juga kantong plastik. Meskipun hal ini menjadi perdebatan sejak lama, namun yang menjadi permasalahan yaitu mampukah mengubah perilaku pengguna kantong plastik secara cepat?

Pembaca sisidesa.com perlu diketahui awal mula kantong kertas / paper bag yaitu berasal dari kayu. Kayu sebagai bahan baku kertas yang dijadikan paper bag juga menjadi permasalahan yang memprihatinkan. Coba Anda bayangkan, dengan bermodal satu pohon akan mampu menghasilkan sekitar 8.000 lembar kertas. Kemudian, jika di Indonesia saja berapa juta orang pengguna kertas? Apalagi jika paper bag dijadikan pengganti kantong plastik. Mungkin dalam waktu singkat, hutan bisa cepat habis untuk dijadikan bahan kertas yang nantinya dijadikan paper bag. Sedangkan menumbuhkan pohon membutuhkan waktu yang tidak sebentar juga.

Sebenarnya antara kantong kertas dan kantong plastik sama-sama bisa di daur ulang. Tapi mengapa 2 hal tersebut sering menjadi perdebatan yang seperti tidak berujung? Nah, berikut adalah beberapa alasan yang perlu disimak.

Kantong plastik merupakan bahan yang buruk bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan plastik bersifat biodegradable decomposition, atau bahasa umumnya yaitu sangat sulit terurai alias susah hancurnya. Untuk menghancurkan atau menguraikan plastik, membutuhkan upaya yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, pilihan menggunakan kertas merupakan pilihan terbaik untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan penggunaan kantong plastik.

Kemudian plastik sangat membahayakan bagi satwa, terutama satwa liar. Misalnya kita membuang sampah plastik ke tempat sampah, maka kita tidak mengetahui kemana plastik yang kita buang akan berakhir. Jika tidak benar-benar di kelolah dengan baik, plastik bisa saja termakan oleh satwa liar. Misalnya satwa langka yang memang habitatnya mulai terancam dan kekurangan makanan, bisa saja mereka memakan makanan di tempat pembuangan dan bercampur plastik.

Kantong plastik menjadi penyebab klasik dalam terjadinya pencemaran lingkungan, karena sifatnya yang sangat susah terurai. Plastik tidak dapat terurai dengan cepat, dan jika terurai pun akan menghasilkan racun yang juga berbahaya untuk lingkungan. Bisanya plastik akan mencemari baik air, tanah, dan juga udara. Yang akan berdampak juga pada kesehatan makhluk hidup.

Jika berbicara tentang harga kantong plastik, maka perlu Anda ketahui bahwa kantong plastik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bahan-bahan kertas. Dengan munculnya teknologi, tas kerta / kantong kertas / paper bag bisa dibuat menjadi lebih kuat dan desain yang modis. Jadi orang akan semakin percaya diri dengan menggunakan tas kertas yang fashionable.

Jadi itulah alasan mengapa kantong kertas menjadi solusi pengganti kantong plastik. Selain ramah lingkungan, lebih murah, dan juga saat ini memiliki banyak bentuk yang modis.

Memang penggunaan kertas butuh menebang pohon sebagai bahan baku kertas. Namun jika dibandingkan dengan dampak penggunaan plastik, maka penggunaan plastik memiliki dampak yang jauh lebih buruk. Sedangkan pohon yang ditebang secara etis, yaitu pohon yang memang ditanam untuk kepentingan industri dan akan terus ditanam pohon baru.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon