8 Contoh energi alternatif ramah lingkungan

Anda perlu mengetahui apa saja energi alternatif ramah lingkungan. Energi selama ini sering berdampak pada pencemaran lingkungan atau polusi, padahal banyak energi alternatif yang bisa dimanfaatkan. Selain energi yang dihasilkan sama, juga ramah lingkungan. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui apa saja energi alternatif yang ramah lingkungan.

energi alternatif, inovasi, energi, energi angin, energi matahari, energi gelombang laut, energi air, panas bumi, energi limbah gas, etanol, biodiesel, nuklir,

Ada banyak energi yang dapat kita memanfaatkan, jika kita berusaha melakukan penelitian dan mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk mendapatkan energi baru tersebut. Kita bisa mendapatkan pengganti dari bahan bakar fosil dan jaringan listrik tua dengan menemukan sumber energi alternatif.

1. Energi angin


Salah satu sumber energi alternatif ini adalah tenaga angin. Turbin angin saat ini terus dikembangkan yang akan menjadi alternatif energi yang lebih efisien dan murah. Ladang angin (kumpulan banyak turbin angin) telah bermunculan di banyak negara, dan posisinya bahkan menjadi lebih strategis dari waktu ke waktu sehingga turbin angin atau kincir angin tidak membahayakan.

2. Energi matahari


Salah satu sumber energi alternatif lainnya yang paling terkenal adalah energi surya atau energi matahari. Energi surya menggunakan sel surya yang mengumpulkan dan memfokuskan energi yang dipancarkan secara langsung oleh matahari, dan mengubahnya menjadi listrik, yang bisa digunakan untuk keperluan. Sama seperti dengan energi angin, energi surya juga bebas polusi.

3. Gelombang laut


Energi gelombang laut menjadi peluang besar untuk mengembangkan energi alternatif,  karena memiliki potensi energi menghasilkan yang sangat besar. Di Prancis generator gelombang laut telah beroperasi selama bertahun-tahun dan dianggap sukses besar.

4. Tenaga air


PLTA (pembangkit listrik tenaga air) telah banyak digunakan hingga saat ini, dan itu adalah penghasil energi listrik besar dan ramah lingkungan. Namun, ada batasan-batasan tertentu ketersediaan tempat yang tepat untuk mendirikan sebuah dam (bendungan/waduk) yang sangat besar. PLTA ini banyak  didirikan di daerah sungai besar atau kecil.

5. Panas bumi


Energi panas bumi sangat berlimpah, karena panas bumi terletak tepat di bawah kaki kita, hanya berjarak beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan dari pemanasan air melalui panas bumi. Air berubah menjadi uap, yang dapat dipasang dan digunakan untuk mesin turbin akan menghasilkan energi listrik.

6. Limbah gas


Energi dari limbah gas, seperti metana, dihasilkan dari polusi atau pencemaran udara. Gas metana ini bisa digunakan dalam sel bahan bakar.

7. Etanol


Etanol adalah pengganti bensin dan diciptakan dari tanaman seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan kayu keping dan kayu selulosa. Ada kontroversi atas bahan bakar ini berkaitan dengan nilai ekonomis bahan bakunya, tetapi teknologi untuk ekstraksi terus-menerus disempurnakan.

8. Biodiesel


Biodiesel dibuat dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, toko-toko komersial yang menjual biodiesel telah membuat menggunakan kedelai, rape seed (minyak lobak) dan minyak bunga matahari. Pada saat ini, biodiesel biasanya dihasilkan dan dijadikan wirausaha baik individu atau kelompok yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif.

Anda perlu tahu !


Energi atom dibuat menggunakan proses fisi nuklir. Energi ini sangat efisien dan dapat menghasilkan sejumlah daya yang sangat besar. Ada kekhawatiran dari beberapa orang tentang dampak bahayanya, terutama rawan digunakan untuk kepentingan perang.

Image Credit : https://goo.gl/MaudvP