Manfaat Hobi berkebun organik untuk bisnis, kesehatan, dan melestarikan alam

Berkebun organik sangat cocok dijadikan hobi bagi pemula yang ingin mencoba hobi baru. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan tipe orang yang memiliki gairah untuk berkebun. Memang tidak semua orang menyukai dan mampu melakukan hal ini. Jadi Anda akan merasa beruntung jika Anda salah satu yang mempunyai minat dan mampu melakukan hobi berkebun.

Manfaat Hobi berkebun organik untuk bisnis, kesehatan, dan melestarikan alam


Berkebun memang memerlukan keterampilan tertentu. Anda harus mengetahui jenis tanah, jenis tanaman apa yang Anda dapat tumbuh di tanah tersebut, bagaimana Anda akan merawat tanaman, selain banyak lagi yang harus diperhatikan jika memang serius menekuni hobi ini.

Berkebun organik mungkin terdengar cukup sulit bagi pemula. Tapi juka setelah mencoba dan merasakan sensasinya, maka Anda akan terus mengasah keterampilan ini. Dan salah satu yang pasti ingin Anda kembangkan yaitu cara berkebun organik. Metode berkebun organik banyak dikatakan cukup sulit untuk dilakukan, karena akan mengharuskan Anda untuk melipatgandakan upaya Anda dibandingkan dengan berkebun biasa.
Konsep dasar berkebun organik

Konsep dasar berkebun organik adalah bahwa Anda tidak akan menggunakan produk-produk sintetis dalam semua usaha Anda berkebun organik. Hal ini termasuk unsur-unsur penting seperti pupuk dan pestisida.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan bahan dari alam sekitar yang nantinya akan Anda gunakan dalam kebun organik Anda. Anda akan menggunakan cara-cara untuk menumbuhkan sesuatu yang baru, misalnya adalah tanaman, sayuran atau apapun yang Anda ingin tumbuhkan.

Pupuk organik


Anda dapat membuat pupuk kompos dengan menggunakan bahan-bahan yang ditemukan di kebun Anda. Anda dapat menggunakan daun-daun jatuh dan ranting, kotoran hewan, tetapi hal ini biasanya akan tergantung pada jenis tanaman, kondisi tanah, dan sebagainya.

Pestisida organik


Metode berkebun organik memang unik, karena tidak akan menggunakan pestisida kimia. Tapi jika Anda tidak mampu membasmi serangga atau hama satu per satu dengan tangan kosong, maka Anda dapat membeli pestisida organik di toko pertanian atau membeli secara online.

Cara lama yang biasa dilakukan adalah dengan mencari hama serangga dan mengambil (membasmi) satu per satu setiap kali menjumpai serangga. Anda harus beralih ke pestisida organik ketika jumlah serangga terlalu banyak dan tak terkendali, karena hal itu sulit dilakukan dengan cara lama. Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan hewan pemakan hama tersebut. Dengan cara ini, Anda akan tertolong untuk membasmi hama tersebut. Dan hal ini juga membantu hewan lain untuk memuaskan rasa lapar mereka.

Sebagai hobi, berkebun organik ini mungkin cukup memakan waktu. Jadi jika Anda tidak bisa mencurahkan cukup waktu untuk melakukannya, Anda bisa mencari partner yang memiliki hobi berkebun organik juga. Sehingga dengan hal tersebut bisa dilakukan pembagian tugas dan penyesuaian waktu.

Berkebun organik benar-benar memerlukan kerja keras. Jadi lebih baik Anda siap untuk berkeringat dalam proses tersebut. Untuk memudahkan pekerjaan Anda, ketika Anda sudah terlalu menekuni hobi Anda tersebut, coba Anda pikirkan bahwa apa yang Anda lakukan adalah membantu pelestarian alam. Ini adalah cara bersyukur yang tepat bagi Anda, karena Anda telah memberikan kembali apa yang alam berikan Anda sejak Anda dilahirkan ke dunia.


EmoticonEmoticon