Fungsi pertanian organik untuk lingkungan

Fungsi pertanian organik selain menghasilkan produk makanan yang sehat, juga berfungsi untuk melestarikan lingkungan. Bagaimana pertanian organik dapat melestarikan lingkungan? Teruskan membaca artikel ini hingga tuntas.

Berkebun, Manfaat berkebun organik, pertanian organik, organik, fungsi pertanian organi, lingkungan,

Jika Anda bepikir tentang berkebun organik dengan berbagai dampak positif yang dihasilkan. Sebenarnya tidak banyak orang yang melakukan hal seperti Anda yang berpikir dampaknya untuk kelestarian alam. Dengan begitu, maka alam dapat tersenyum pada Anda. Dengan munculnya berbagai masalah lingkungan di sekitar kita khususnya pemanasan global, maka berkebun organik ibarat langkah sederhana untuk meringankan permasalahan lingkungan yang sudah sangat besar.

Memang berkebun organik memerlukan kerja yang cukup keras. Sehingga harus lebih siap untuk melakukannya. Setelah Anda sudah memasuki proses berkebun organik, coba Anda luangkan waktu untuk membiasakan diri. Jangan menyerah hanya karena masalah kecil. Pikirkan bahwa hal itu seperti alam sedang menguji seberapa besar Anda cinta mencintai alam. Jadi buktikan bahwa Anda mampu menakhlukan semua proses berkebun organik yang keras.

Apa sebenarnya yang membuat berkebun organik terlihat sangat sulit? Tidak seperti jenis berkebun pada umumnya, dengan berkebun organik akan membatasi dari Anda kebebasan dalam menggunakan pestisida, pupuk, dan berbagai kebutuhan berkebun yang tersedia secara komersial yang selama ini akan membantu proses berkebun pada umumnya. Anda tidak dapat menggunakan bahan sintetis atau bahan-bahan kimia, dan semuanya harus serba organik yang bisa diambil dari alam itu sendiri. Anda harus menggunakan unsur-unsur yang dapat ditemukan di alam. Atau Anda juga dapat membelinya yang tersedia di toko atau secara online, selama produk tersebut bersertifikat sebagai produk organik.

Dengan berkebun organik, Anda akan dapat membantu melestarikan sumber daya alam. Anda bisa mendapatkan semua bahan yang Anda butuhkan untuk berkebun organik dari alam. Anda akan mendapatkan daun-daun kering, serbuk gergaji, sisa atau sampah sayuran dan bahan lainnya dari lingkungan sekitar. Dengan hal ini, Anda juga turut membersihkan lingkungan Anda. Dan bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kompos.

Anda dapat membuat kompos sendiri dengan menggunakan referensi beberapa buku tentang pembuatan kompos. Anda juga dapat mendatangi seseorang yang sukses berkebun organik dan memintanya untuk berbagi tips dan trik. Anda dapat menggunakan hasil berupa kompos yang sebagai pupuk di kebun Anda.

Dengan bantuan seorang guru atau mentor akan dapat membantu Anda mencapai target yang diinginkan dalam berkebun organik. Tidak masalah jika Anda hanya akan melakukan hal ini sebagai hobi saja atau Anda akan mengubahnya menjadi sebuah lahan bisnis. Jadi mulailah mencari orang yang dapat menjadi mentor Anda dalam melakukan hal-hal yang berkaitan dengan metode berkebun organik.

Dengan bantuan seorang ahli, terutama jika Anda hanya sebagai pemula dalam berkebun organik ini, maka Anda akan bisa mengoptimalkan usaha untuk pelestarian alam. Anda akan mengetahui jenis tanaman apa saja yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Anda akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang bagaimana elemen tanah yang dapat berkontribusi untuk keberhasilan usaha Anda. Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan dalam menghadapi kesulitan berkaitan dengan pertumbuhan tanaman Anda atau munculnya hama pada Taman Anda.

Alam benar-benar akan mencintai Anda karena cara Anda akan hanya menggunakan bahan-bahan organik untuk menumbuhkan berbagai tanaman hijau di kebun Anda. Dan Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dalam proses berkebun organik. Anda akan mampu menjadi seorang guru atau mentor dari hobi Anda ini. Anda juga akan mampu menghasilkan sumber-sumber makanan organik.

Dan Anda juga dapat mengubah ini menjadi lahan bisnis, ketika sudah panen tanaman organik Anda.

Image Credit : https://goo.gl/JRDyKh