6 Contoh gerakan berkebun yang banyak diminati

Setiap orang yang melakukan greakan berkebun memiliki serangkaian karakteristik tersendiri. Hal ini akan menentukan gaya tertentu dalam berkebun. Jika karakter dan gaya berkebun sesuai, maka akan membantu menghasilkan tanaman berkualitas. Maka Anda cukup bertemu dengan orang yang hobi tau menekuni kegiatan berkebun juga. Tapi tipe atau gaya berkebun seperti apa yang perlu dicari? Berikut adalah beberapa jenis gaya berkebun yang dapat menjadi pertimbangan Anda :

Berkebun, berkebun sayuran, gerakan berkebun, berkebun organik, berkebun sayuran organik,

1. Berkebun dirumah


Hal Ini adalah yang paling umum dari semua teknik berkebun. Jika Anda hanya seorang pemula dan belum cenderung menghasilkan sayuran dalam jumlah besar, maka berkebun dipekarangan rumah adalah hal yang tepat untuk Anda. Tujuan utama dari berkebun dirumah adalah untuk menjaga sebuah keluarga dari pasokan sayuran, dan pada saat yang sama juga memberikan estetika atau keindahan ke halaman belakang rumah Anda.

Berkebun dirumah tidak memerlukan terlalu banyak ruang. Hal ini dapat juga dibudidayakan di kusen jendela, balkon, dan area kecil lainnya yang memiliki sumber cahaya yang cukup, mudah untuk dipantau, dan pada saat yang sama mudah untuk menjaga agar terbebas dari hama. Hal yang baik tentang berkebun dipekarangan rumah adalah kemudahan bagi yang ingin berkebun tapi tidak memiliki pengetahuan untuk memperluas ke gaya berkebun lainnya.

2. Berkebun khusus


Berkebun khusus menggunakan area non-hunian yang dikenal ruang terbuka hijau. Misalnya taman, kebun, area rekreasi dan tempat wisata lainnya yang berada di bawah kategori ini. Kadang diperlukan seorang atau beberapa orang staf untuk merawat kebun ini, sehingga kemampuan administrasi yang efektif mungkin diperlukan dalam berkebun model ini. Berkebun khusus ini juga dirancang untuk memberikan keuntungan (profi) seperti tempat wisata, atau juga non profit seperti taman kota.

3. Gaya tumpang sari


Jika Anda tertantang membasmi gulma dengan biaya minimal, maka berkebun tumpang sari tepat menjadi pilihan bagi Anda. Cara menggunakan satu lahan dan ditanami berbagai jenis tanaman dalam satu tempat. Tanaman akan tumbuh bersamaan, dan pemberian nutrisi biasanya sudah menjadi satu paket.

4. Bekerbun dalam ruangan


Berkebun dirumah sebenarnya bisa dilakukan di dalam ruangan. Jenis lain yang berada dibawah kategori ini misalnya kebun conservatories, rumah kaca, dan untuk tujuan akademis. Sistem pemanas dan pendingin udara juga dapat diatur sesuai dengan tanaman tertentu. Jika Anda termasuk yang menyukai jenis berkebun ini, yang mampu berkebun tanpa harus dibatasi musim hujan atau kemarau, maka berkebun dalam ruangan tepat untuk Anda.

5. Berkebun dengan media air (hidroponik)


Jika Anda ingin taman atau kebun dengan sedikit pengawasan dan menyukai organisme air, maka berkebun dengan menggunakan media air merupakan hal yang tepat untuk Anda. Hal ini merupakan tantangan untuk sebagian orang yang berkebun, karena hal ini biasanya tidak bergantung pada kondisi seperti teknik Berkebun tradisional lainnya. Hal terpenting dari berkebun dengan media air yaitu hanya cocok pada mereka yang memiliki fasilitas air yang cukup untuk menumbuhkan tanaman dengan teknik ini.

6. Berkebun dengan komunitas


Jika Anda termotivasi oleh kelompok usaha, komunitas berkebun mungkin tepat untuk Anda. Hal Ini berkonsentrai kepada anggota komunitas yang dapat membantu membuat tempat yang lebih hijau. Cara ini membutuhkan tempat yang besar, tetapi anggota komunitas bisa diberi otonomi sesuai gaya mereka dan cara apapun yang mereka pilih.


Image Credit : https://goo.gl/NgyaeY