Alasan perlunya pengembangan pertanian organik

Masih banyak orang yang belum menyadari alasan perlunya pengembangan pertanian organik. Selain produk pertanian yang dihasilkan lebih sehat dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia, hal ini juga mampu mempertahankan kelestarian alam. Untuk lebih lengkap, baca artikel ini hingga tuntas. 

Berkebun, berkebun sayuran organik, sayuran organik, pertanian organik, pentingnya pertanian organik,

Produk makanan organik menjadi tren saat ini setelah ada beberapa penelitian yang telah menunjukkan bahwa penggunaan pupuk dan pestisida sintesis atau kimia yang menjadi berbahaya bagi kesehatan kita. Hal ini berarti bahwa kita harus mengubah pola makan kita dan mencoba hal lain yang lebih sehat.

Konsep pertanian sayuran organik ini memang bukan hal baru, mengingat bahwa peradaban kuno telah melakukannya selama bertahun-tahun. Entah bagaimana kita bisa lupa untuk berpikir bahwa ilmu pengetahuan modern bisa membantu kita menghasilkan tanaman yang jauh lebih baik.

Tetapi jika kita kembali pada dasarnya, kita akan menyadari bahwa kebutuhan sumber daya untuk melakukan hal ini sudah ada atau tersedia tepat di dekat kita.

Pertama adalah tanah. Meskipun 2/3 dari bumi terdiri dari air, sisanya adalah apa yang kita gunakan untuk infrastruktur sementara selainnya digunakan untuk untuk pertanian.

Hal kedua yang kita butuhkan adalah air. Dahulu digunakan sistem irigasi yang efisien sehingga air dari sungai-sungai akan mengalir ke lahan untuk ditanami. Saat ini, kita memiliki teknologi untuk mengalihkan air ke daerah-daerah yang menggunakan pipa. Dan ketika itu tidak hujan dalam kurun waktu yang lama, kita mampu membuat hujan buatan.

Ketiga adalah sinar matahari. Kita mungkin tidak mengontrol pergerakan matahari tetapi jika kita mampu menanam tanaman di daerah yang memiliki cukup pemaparan pada sinar matahari, apa pun yang kita tanam akan bisa tumbuh.

Tetapi antara waktu meletakkan benih didalam tanah dan sebelum siap dipanen, petani harus melakukan perawatan. Tanaman bisa terancam oleh serangga, hal ini sebabnya mengapa orang disarankan untuk menggunakan serangga lain untuk mengontrol serangga, seperti menggunakan burung dan kodok.

Membuat pupuk organik juga berperan sebagai hal penting disini, dan salah contoh pupuk organik yaitu kompos.

Tanah tempat sayuran ditanam dan dipanen tidak mungkin siap untuk ditanami tanaman yang sama karena tanah tidak bisa terus menerus mempertahankan kesuburannya, sehingga petani juga diharuskan untuk memutar jenis tanaman mereka.

Untuk memastikan bahwa petani yang menerapkan metode organik melakukan hal yang benar, Departemen Pertanian dengan Federasi Internasional pertanian organik atau IFOAM yang telah beroperasi sejak tahun 1972, membuat standart pertanian organik.

Beberapa orang akan berpendapat bahwa pertanian organik tidak mampu menghasilkan jumlah yang sama dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pupuk dan pestisida. Hal ini benar Namun, di saat of kekeringan, tanaman ini masih mampu bertahan karena masih ada cukup air bawah tanah. Ini berarti petani masih dapat melakukan panen dan menyediakan pasokan sayur di pasar.

Diharapkan bahwa permintaan pasar akan sayuran organik akan terus tumbuh kedepannya. Hal ini dilakukan untuk keamanan atau kesehatan makanan yang dikonsumsi manusia dan juga untuk kelestarian lingkungan.

Anda juga dapat melakukan berbagi dengan mencoba berkebun sayuran organik di halaman belakang rumah Anda.

Hal-hal ini bisa memenuhi kebutuhan sayur harian Anda dengan harga yang terjangkau dan juga bisa berbagi dengan tetangga kanan kiri Anda. Anda hanya perlu berlatih bagaimana berkebun organik di lahan sempit.

Pada kenyataannya informasi tersebut sekarang dapat ditemukan dalam berbagai buku-buku dan diakses secara online, sehingga riset terlebih dahulu dan kemudian coba mempraktekannya. Hal tersebut akan menyenangkan dan bermanfaat ketika berbagai hidangan organik tersaji di meja makan Anda.

Anda juga harus mengingat bahwa tidak semua orang mampu menguasai keterampilan ini dan salah satu dari mereka yang ahli adalah seorang petani.


Image Credit : https://goo.gl/KHwRwQ