10 Cara memulai usaha peternakan kambing jawa

Anda perlu mencoba untuk memulai usaha peternakan kambing, jika Anda ingin memulai usaha dan tertarik pada bidang peternakan. Potensi dan peluang usaha kambing di Indonesia cukup bagus karena kondisi Indonesia menunjang untuk perawatan kambing dan pasarnya yang sangat luas. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara memulai usaha peternakan kambing, khususnya kambing jawa. 

informasi bisnis, usaha ternak kambing, usaha kambing, usaha peternakan kambing, usaha sate kambing, usaha kambing etawa, usaha kambing jawa, usaha kambing potong,

Memang banyak pilihan untuk investasi, salah satu yang perlu dicoba adalah peluang usaha ternak kambing. Sebenarnya kambing bukanlah satu-satunya pilihan peluang usaha ternak, tapi dalam artikel ini akan membahas tentang alasan mengapa harus mengambil keputusan untuk berternak kambing.

Potensi Alam Indonesia Yang Mendukung Untuk Usaha ternak kambing


Pertama yaitu melihat potensi alam Indonesia yang luar biasa, terutama di daerah pedesaan yang memungkinkan penduduk di desa untuk bertani, berkebun, dan berternak.  Melihat potensi yang besar tersebut memungkinkan untuk berternak kambing, baik secara lokasi yang masih luas dan harga tanah yang cenderung lebih murah dibandingkan dikota. Kemudian juga dalam kemudahan untuk memperoleh makanan ternak kambing.

Biaya Kandang sederhana yang cukup murah


Kebutuhan kandang merupakan kebutuhan wajib tapi tidak harus menghabiskan biaya besar. Membangun kandang berukuran kecil dengan mengeluarkan anggaran yang tidak banyak untuk membeli kayu, atap, membayar pekerja, dan sebagainya. Biaya tersebut bukan termasuk biaya untuk lahan yang digunakan untuk membangun kandang, namun bagi yang memiliki lahan tinggal membangun kandang sederhana.  Pengalaman saya dalam pengeluaran total untuk membangun kandang kambing sederhana, mungkin sekitar 1,5-2 juta rupiah untuk kebutuhan kandang berukuran 10 x 4 meter. Pengluaran biaya tergantung pada konteks daerah masing-masing.

Mudah mendapatkan kambing berkualitas


Ketika kandang sudah jadi, tahap berikutnya adalah membeli kambing sesuai anggaran. Pembelian kambing betina bisa dilakukan dengan mendatangi peternakan besar yang menjual kambing indukan, dan disitu bisa dipilih kambing betina yang ideal dan sesuai dengan anggaran dana. Dalam pengalaman pribadi, saya membeli 3 kambing betina indukan. 2 kambing betina jenis kambing jawa, sedangkan yang 1 kambing etawa. Dengan total biaya sekitar 3,5 Juta Rupiah.

Kemudahan dalam perkawinan kambing


Mengapa saya membeli tiga kambing betina? Mengapa tidak membeli sepasang kambing jantan dan betina? Secara Umum alasan orang membeli pasangan kambing jantan dan betina untuk perkembangbiakan, maksudnya adalah agar kambing betina bisa segera beranak. Tapi hal itu bukan masalah, karena ada dua cara yang bisa dilakukan agar kambing betina cepat hamil yaitu dengan inseminasi buatan dan meminjam kambing jantan dari peternakan besar untuk dikawinkan dengan kambing betina yang  dimiliki. Inseminasi buatan memang memerlukan anggaran lebih untuk membayar dokter hewan atau petugas kawin suntik.

Waktu Kambing betina indukan hamil hingga melahirkan cukup singkat yaitu sekitar 6 bulan


Waktu yang dibutuhkan proses perkawinan kambing yaitu selama satu minggu dengan meminjam kambing jantan dari peternakan lain untuk mengawini kambing betina. Kemudian sekitar dua bulan berikutnya terlihat tanda kehamilan pada kambing. Dan sekitar bulan ke 6 hingga 7 setelah pembelian, kambing sudah beranak. Satu kambing memiliki satu anak, kemudian dua kambing lainnya memiliki dua anak. Sehingga dalam waktu tidak sampai 1 tahun saya memiliki 8 kambing (3 indukan + 5 anak kambing).

Kambing betina indukan mampu beranak hingga 3 kali dalam 2 tahun


Antara bulan ke 9 dan 10 , kambing betina indukan terlihat jarang memberikan susu kepada anaknya. Dan mereka terlihat tanda-tanda ingin kawin, kemudian saya meminjam kambing jantan lagi untuk mengawini kambing betina. Pada bulan ke dua belas, tiga kambing betina yang saya menunjukan tanda kehamilan. Dan diprediksi mereka akan beranak pada bulan ke 18. Dan tepat bulan antara 15-16 ketiga kambing tersebut beranak lagi, masing-masing beranak 2. Sehingga kambing saya berjumlah 14 kambing dalam waktu tidak sampai 2 tahun.

Sekali beranak, Kambing betina Indukan mampu menghasilkan 1-3 anak


Secara umum memang kambing betina indukan memiliki potensi menghasilkan anak hingga tiga kali dalam dua tahun.  Kemudian dalam sekali proses beranak, kambing betina mampu melahirkan lebih antara 1 hingga 3 kambing. Jika rata-rata 1 kambing mampu menghasilkan 2 anak dan dalam 2 tahun beranak 3 kali, maka dari 3 indukan yang dibeli di awal mampu menghasilkan 18 kambing dalam 2 tahun ( 3 x 2 x 3 = 18).

Peluang Pasar Pada Idul Adha


Secara umum peternakan kambing di Indonesia memiliki pasar untuk kurban pada hari raya idul adha. Selain itu juga kambing biasanya digunakan untuk acara aqiqah dan syukuran. Setiap idul adha umat Islam di Indonesia melakukan kurban dengan menyembelih binatang qurban, dan rata-rata di Indonesia menyembelih sapi atau kambing.  Saat idul adha biasanya terjadi kenaikan harga kambing khususnya kambing jantan.  Kondisi ekonomi negara yang menurun tidak menjadi masalah bagi umat Islam dalam membeli hewan kurban seperti kambing. Hal itu dikarenakan memang untuk menjalankan perintah agama, sehingga ekonomi negara sedang lesu sekalipun tidak menghalangi orang untuk berkurban.

Peluang Pasar Aqiqah ataupun acara syukuran


Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan Aqiqah. Acara aqiqah biasanya dilakukan setelah seseorang melahirkan anak. Ada syarat dalam aqiqah misalnya jika memiliki anak laki-laki maka harus menyembelih dua kambing dan dibagikan kepada masyarakat atau orang yang membutuhkan. Sedangkan jika memiliki anak perempuan, seharusnya menyembeli satu kambing. Sehingga dari hal tersebut, kebutuhan akan kambing pasti akan terus ada.

Peluang Pasar rumah makan atau warung makan


Selain dua hal tersebut, kambing di Indonesia biasanya digunakan untuk sate. Banyak warung atau restoran yang menjual sate kambing di Indonesia. Umumnya restoran atau warung sate kambing bekerja sama dengan peternakan kambing untuk suplai kambing ke restoran mereka.

Image Credit : https://goo.gl/g4ToVP