9 Gambaran umum usaha budidaya ikan lele untuk pemula

Anda harus mencoba usaha budidaya ikan lele berikut ini, jika Anda sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan. Berikut adalah gambaran umum usaha ikan lele yang bisa Anda pelajari, mulai dari manfaatnya hingga apa saja yang perlu diperhatikan.

informasi bisnis, usaha ikan lele, bisnis ikan lele, budidaya ikan lele, usaha budidaya ikan lele, analisa usaha ikan lele, cara usaha ikan lele, bisnis ikan lele untuk pemula,

1. Untuk menghilangkan stres



Budidaya lele salain bisa menjadi lahan rejeki karena menguntungkan, juga bisa menjadi solusi untuk refreshing karena menyenangkan. Dari informasi yang kami himpun, bahwa pelaku budidaya lele merasa senang ketika melakukan aktifitas pemberian makan lele. Dengan melihat ikan-ikannya makan tersebut, bisa menjadi tontonan yang menyenangkan dan mengurangi stres.

2. Usaha ternak lele tidak sulit untuk dilakukan



Banyak orang yang berpengalaman dalam budidaya lele, dan mayoritas dari mereka menyatakan bahwa budidaya lele bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Modal yang pertama harus disiapkan adalah niat, karena dengan niat pasti segala kesulitan akan teratasi. Namun jika niatnya hanya main-main, maka kemungkinan besar juga akan mengalami kegagalan dan berbagai masalah.

3. Modal usaha ternak lele tidak terlalu besar



Selain modal niat yang kuat, yang pasti untuk ternak lele tersebut membutuhkan modal. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bagi pemula yang ingin memulai ternk lele, maka untuk ternak lele ukuran sedang diperirakan membutuhkan modal sekitar 4 juta rupiah, atau bahkan bisa lebih kecil dari itu jika targetnya hanya untuk pembelajaran. Modal tersebut untuk pembuatan kolam lele dengan bahan terpal, membeli bibit lele, dan juga stok pakan hingga panen. Panen lele secara umum antara 2 hingga 3 bulan sekali.

4. Usaha ternak lele menguntungkan untuk penghasilan tambahan



Ternak lele bisa menjadi solusi bagi karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, jadi selain bekerja diluar juga dirumah memiliki usaha sampingan yaitu ternak lele. Hal ini cukup efesien, karena tidak terlalu banyak menyita waktu kerja. Ternak lele tidak harus ditunggui secara terus menerus, kecuali jadwal atau waktu pemberian makan.

5. Usaha ternak lele bisa dilakukan dengan perlengkapan yang sederhana



Secara umum memang banyak media yang bisa digunakan untuk beternak lele, misalnya menggunakan media terpal, kolam bulan, jaring, tanah, beton, sumur, dan masih banyak lain. Namun, yang tergolong cukup murah dan hemat yaitu penggunaan terpal sebagai kolam ternak lele.


Faktor yang perlu diperhatikan dalam mengambil peluang usaha ternak lele



Nah, setelah mengetahui gambaran umum ternak lele maka bagaimana perhitungan matematis secara detal dan bagaimana modal ternak lele bisa cepat balik?

Untuk perhitungan biaya untuk modal dan juga tentang balik modal sebenarnya tidak ada yang baku. Setiap orang bisa melakukan perhitungan sesuai dengan kondisi keuangan atau anggaran masing-masing. Namun beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kebutuhan yang perlu disiapkan diantaranya

1. Kolam


Kolam merupakan syarat mutlak untuk ternak lele, namun dengan menggunakan ternal bisa meminimalisir biaya karena harganya yang cukup murah dan bisa dipasang dimana saja. Besarnya kolam juga tergantung dari rencana berapa jumlah lele yang akan diternak, semakin banyak lele yang diternak maka semakin besar pula kebutuhan kolam. Hal ini untuk menghindari kepadatan populasi lele ketika besar.

2. Benih atau bibit lele


Bibit atau benih lele cukup murah, biasanya harga 1 benih lele yaitu sekitar 100 Rupiah. Kadang bisa lebih murah juga membeli dengan jumlah yang sangat banyak, misalnya membeli 5000 ekor. Tapi kalau beli dalam jumlah sedikit harga kisarannya yaitu Rp 100/ekor.

3. Pakan yang mencukupi baik secara jumlah dan nutrisinya


Lele kadang bisa memakan sesama lele (kanibal). Ketika telat memberi makan atau pemberian pakan yang kurang, maka kadang lele akan memakan temannya sendiri yang ada di kolam. Jadi stok pakan harus terus tersedia. Oleh karena itu banyak pelaku bididaya lele menyarankan untuk menyiapkan pakan dari awal, misalnya jika membudidayakan 3000 ekor lele membutuhkan sekitar 200 kg pakan dari awal hingga panen sekitar 2,5 bulan.
Meski lele bisa memakan pakan apa saja, namun pakan disini juga tidak asal diberi pakan sembarangan. Nutrisi lele juga perlu dijaga agar menghasilkan lele yang berkualitas.

4. Supply air yang memadai


Kondisi air yang cukup juga menjadi faktor pendukung untuk mengambil peluang usaha ternak lele. Karena yang dibudidayakan adalah ikan, maka air adalah hal mutlak untuk dipenuhi. Misalnya dalam waktu beberapa hari air di kolam mengalami penyusutan, maka bisa ditambahi air lagi.


Image Credit : https://goo.gl/thkHUP