Kelemahan produk digital rawan dibajak

Kelemahan produk digital rawan dibajak - Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan bahkan sangat cepat. Contoh nyata yang bisa dilihat dalam perkembangan teknologi ojek yaitu munculnya ojek online, demikian juga taxi online. Selain itu dulu orang yang melakukan transaksi jual beli di toko, pasar tradisional, ataupun supermarket saat ini transaksi jual beli dilakukan melalui toko online.

Kelemahan produk digital rawan dibajak

Demikian juga produk yang muncul juga semakin bervariasi, diantaranya ada produk digital. Misalnya buku yang dulunya berbentuk kertas, saat ini sudah ada buku elektronik (ebook). Selain ebook masih banyak produk digital seperti berbagai jenis software, video, foto, musik dan masih banyak lagi.

Jika Anda pernah melakukan pembelian produk digital, misalnya membeli ebook secara online maka transaksi bisa dilakukan dengan sangat mudah. Biasanya setelah kita membayar ebook yang kita beli, maka ebook akan dikirim melalui email atau kita diberikan link untuk mendownload ebook tersebut. Prosesnya tanpa melalui pengiriman kurir, cukup kita membeli kemudian membayar dan terakhir produk dikirim melalui email.

Coba kita pikirkan, penjual produk digital seperti ebook ataupun software apa tidak rugi? Karena produk digital sangat mudah untuk di copy ataupun dibajak, dan bahkan dijual ulang oleh pembelinya. Misal kita membeli ebook seharga 100 ribu kemudian kalau ada niatan jahat untuk menjual ulang seharga 50ribu, bagaimana nasib penjual atau pembuat ebooknya? Karena pembeli yang lain pasti akan membeli ebook yang lebih murah yaitu ebook seharga 50ribu yang dijual ulang oleh pembeli nakal tanpa ada kompensasi apapun.

Jangankan yang membuat ebook seharga 100 Ribuan, produk digital dari Microsoft pun banyak yang menggunakan tanpa membayar. Misalnya produk OS Windows dan juga Microsoft Office yang beredar banyak yang asli (maksudnya asli bajakan).

Tidak dipungkiri, dalam artikel website atau blog di internet kadang menggunakan foto atau gambar yang tidak jelas asalnya dari mana dan pemiliknya siapa. Kadang gambar di ambil dari Google Image, yang terdapat jutaan gambar yang sama.

Comments