Jalur pendakian kuno kerajaan Mojopahit di Gunung Penanggungan

Jalur pendakian kuno kerajaan Mojopahit di Gunung Penanggungan - Bagi warga sekitar Mojokerto pasti tidak asing lagi dengan gunung penanggungan. Apalagi bagi pecinta alam terutama di area Mojokerto, mendaki gunung penanggungan adalah agenda rutin yang sering dilakukan. Penulis sendiri pernah mendaki gunung penanggungan ketika masih menjadi pelajar.


Jalur pendakian kuno kerajaan Mojopahit di Gunung Penanggungan


Namun beberapa hari ini terdapat pemberitaan di televisi, bahwa telah ditemukan jalur pendakian kuno di gunung penanggungan. Jalur tersebut memang berbeda dengan jalur yang biasanya digunakan untuk naik ke puncak gunung penanggungan.


Setelah melakukan penelusuran melalui internet, ternyata memang jalur pendakian kuno tersebut baru saja ditemukan oleh Tim Ekspedisi Penelitian Ubaya Training Center (UTC). Jalur pendakian kuno tersebut terlihat jelas setelah terjadi kebakaran hutan di wilayah gunung penanggungan.


Dari informasi dibeberapa media online, bahwa jalur pendakian kuno tersebut merupakan peninggalan kerajaan Mojopahit. Dengan lebar sekitar 1 hingga 2 meter, diperkirakan itu merupakan jalur yang mampu dilewati oleh kereta kuda untuk mencapai puncak gunung penanggungan.

Biasanya kalau mendaki gunung penangungan jalur vertikal dari bawah langsung keatas (naik). Namun berbeda dengan jalur pendakian kuno ini, secara kenampakan jalurnya dibangun secara horisontal (mendatar) dan bentuknya zig-zag di lereng gunung penanggungan. Selain itu secara bentuk dan desain jalurnya, secara umum dibangun dengan memenuhi unsur keamanan ketika mendaki gunung penanggungan. Serta karena posisinya horisontal, kondisi tersebut memudahkan pendakian dibandingkan jalur vertikal.


Selain penemuan jalur pendakian kuno kerajaan Mojopahit, Tim Ekspedisi UTC juga ditemukan banyak situs peninggalan purbakala di gunung penanggungan. Tim Ekspedisi UTC Menggunakan teknologi drone untuk menelusuri gunung penanggungan.

Perlu diketahui bahwa gunung penanggungan berada di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Menurut wikipedia, gunung penanggungan bisa diakses 55 kilometer dari Kota Surabaya.

Sumber :

http://www.goodnewsfromindonesia.org/2016/04/01/ditemukan-jalur-pendakian-kuno-gunung-penanggungan
http://www.realita.co/index.php?news=Spektakuler!-Ditemukan-Jalur-Kuno-Kereta-Kuda-di-Penanggungan~3b1ca0a43b79bdfd9f9305b81298296246532e602f9bd9770732653426abe843
http://news.okezone.com/read/2016/03/31/519/1350085/jalur-pendakian-kuno-gunung-penanggungan-ditemukan
https://video.tempo.co/read/2016/04/04/4286/arkeolog-temukan-jalur-kuno-pendakian-gunung-penanggungan
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Penanggungan