Cara tidak mudah monetisasi Facebook dengan berjualan

Cara tidak mudah monetisasi Facebook dengan berjualan - Sebelum masuk ke penjelasan inti, mungkin ada yang belum tahu apa itu monetisasi. Secara prinsip monetisasi merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengintegerasikan sesuatu agar bisa menghasilkan materi tertentu bisa uang, barang, dan sebaginya. Apa itu mengintegerasikan? Cari sendiri saja di internet.

Secara umum memang monetisasi terkesan materialisme, karena sesuatu bisa menghasilkan uang atau barang. Membuat blog yang bisa di monetisasi dengan iklan, jadi pemilik blog bisa mendapatkan uang dari monetisasi blog dengan iklan. Monetisasi instagram, dengan mendapatkan banyak follower nantinya bisa mendapatkan produk-produk gratis sebagai kompensasi iklan, atau mungkin juga dibayar untuk menampilkan iklan produk tertentu. Bahkan tidak harus dalam hal online, dalam pengadaan event yang sifatnya offline pun bisa dilakukan monetisasi.

Cara tidak mudah monetisasi Facebook dengan berjualan


Di dunia maya jika Anda mengetahui bahwa Si Mbah Google menyediakan sistem monetisasi bagi penggunanya terutama Blogger, Youtube, dan Aplikasi di Play Store Android. Sistem monetisasi Si Mbah Google adalah periklanan Google Adsense. Demikian juga Wordpress, yang baru-baru ini menayangkan iklan di blog berbasis Wordpress. Sedangkan Facebook tidak menyediakan monetisasi untuk penggunanya.

Facebook merupakan media pertemanan dengan memberikan banyak fasilitas chatting, video call gratis, fasilitas grup, fanspage, dan sebagainya. Dalam hal monetisasi, Facebook memang berbeda dengan Google. Jika Google menggunakan kerjasama dua pihak, yaitu pengiklan dan publisher. Jadi pengiklan akan membayar ketika pasang iklan di Google, sedangkan publisher berfungsi untuk menerbitkan atau menayangkan iklannya pengiklan.  Jadi Google adalah perantara antara pengiklan dan publisher.

Tapi di facebook hanya pengiklan hanya membayar ke facebook ketika mengiklankan produknya, tapi di facebook tidak ada publisher sehingga biaya pengiklan akan masuk semua ke facebook. Nah, kemudian apa keuntungan pengguna facebook? Apakah pengguna facebook hanya mendapatkan fasilitas pertemanan?

Jawabannya memang secara umum pengguna facebook tidak ada keuntungan dalam hal materi (uang/brang) dari facebook, karena facebook tidak sedang “bagi-bagi” seperti Si Mbah Google. Justru semakin banyak pengguna facebook, semakin banyak orang yang aktif menggunakan facebook, maka mereka tidak akan mendapatkan apa-apa dari facebook. Mereka menikmati sajian fasilitas facebook dan facebook yang meraup untung.

Justru karena FACEBOOK itu BERBEDA dengan yang lain, akhirnya Facebook cepat terkenal dan berkembang.  Bagi mereka yang kreatif akan bisa melihat peluang dari pertemanan di facebook. Facebook memang bukan tempatnya publisher seperti Google dan berbagai platform bawahannya. Mereka orang kreatif akan bisa memanfaatkan media facebook untuk monetisasi, misalnya jika melihat teman-teman facebook banyak yang berjualan menggunakan media facebook. Mereka menjual barang atau layanan ke teman-teman facebook.  Jadi facebook tidak menyediakan sistem monetisasi bagi penggunanya, tapi cenderung menyediakan fasilitas untuk berjualan.

Lebih ampuh lagi jika pengguna facebook menggunakan fasilitas fanspage yang mampu menjangkau jutaan audience / penggguna. Fanspage berbeda dengan akun biasa yang hanya mampu berteman maksimal 5000 orang. Jika Anda mampu mengelolah fanspage dan menjaring segmen pasar yang tepat, maka fanspage akan bisa menjadi fasilitas dari facebook untuk berbisnis.

Di Fanspage facebook saat ini tersedia fasilitas untuk berjualan, Jadi dengan fanspage Anda bisa mempunyai toko online, sesuai dengan segmen pasar yang di bidik. Misalnya fanspage tentang tips kecantikan, maka Anda bisa menjual produk kecantikan di fanspage tersebut.

Prinsipnya Anda harus merawat fanspage dengan update artikel, atau konten lainnya yang sesuai dengan segmen yang dibidik. Maka secara bertahap orang yang akan like fanspage akan terus bertambah. Secara otomatis produk di fanspage akan dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang.

Apakah cara ini mudah? Jawabannya sangat tidak mudah untuk bisa mendapatkan ribuan bahkan jutaan like manusia riil yang sesuai segmen. Dan jangan coba-coba menggunakan membeli like fanspage, karena mayoritas menggunakan robot. Jadi meski banyak like di fanspage tapi mereka tidak mampu membeli produk yang Anda jual di fanspage.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars