5 Cara menurunkan kolesterol secara alami, cepat, dan tepat

Berikut adalah langkah dasar menurunkan kolesterol secara alami dan cepat, yang tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara umum. Selama ini sering kita mengkonsumsi obat dari resep dokter dan berharap hal tersebut mampu menyembuhkan penyakit yang di derita. Tapi obat-obatan bekerja untuk menurunkan kolesterol, tidak ada jaminan untuk menyembuhkan tanpa di barengi hal-hal lain yang menunjang. Tapi masalahnya konsumsi obat kimia memang baik untuk jangka pendek, dan memiliki banyak efek samping dalam jangka panjang.

Kesehatan, kolesterol, cara menurunkan kolesterol, menurunkan kolesterol secara alami, kolesterol jahat, kolesterol baik, HDL, LDL,


Konsumsi obat kolesterol lebih berbahaya dari efek sampingnya yaitu kehilangan kolesterol atau bahkan tingkat kolesterol dibawah normal. Seiring waktu kolesterol tinggi memang dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung dan arteri, tidak sedikit pula yang mengalami aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), stroke, atau serangan jantung.

Cara menurunkan kolesterol secara alami


1 . Pola makan sehat


Hal ini mungkin kedengarannya cukup sederhana, tapi dengan melakukan diet akan memiliki dampak yang cukup signifikan pada penurunan kolesterol. Diet kolesterol dengan mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak atau berminyak, merupakan hal pertama yang harus dicoba untuk menurunkan kolesterol.

2. Olahraga


Meningkatkan kesehatan jantung merupakan langkah untuk menormalkan kolesterol yang tinggi. Dengan melakukan olahraga secara tidak langsung akan menurunkan kolesterol, selain itu juga akan memperkuat jantung dan seluruh sistem peredaran darah.

3. Berhenti merokok


Jika Anda seorang perokok, akan terbentuk plak di arteri secara cepat karena adanya kolesterol. Ketika blok plak dari rokok mengalir melalui aliran darah menuju jantung, maka otot akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan oksigen. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung. Jika arteri benar-benar tertutup oleh plak maka stroke bisa terjadi.

4. Relaksasi atau santai


Stres kronis dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Jika Anda terus menerus mengalami stres, meski melakukan diet rendah kolesterol, maka diet yang Anda lakukan akan sia-sia karena tidak akan memperbaiki kondisi kolesterol Anda, hingga Anda memiliki solusi untuk stres.

5. Konsultasi dengan dokter


Selain 4 cara menurunkan kadar kolesterol tersebut, Anda juga perlu konsultasi dengan dokter. Tidak semua dokter memberikan resep obat kimia, bahkan dengan konsultasi dokter Anda bisa melakukan diet kolesterol dan olahraga yang tepat dan terencana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Itulah alasan mengapa penting bagi Anda untuk konsultasi dengan dokter.

Jangan berhenti minum obat sebelum konsultasi dengan dokter Anda. Anda bisa melakukan diet kolesterol dan olahraga dibawah pantauan dokter. Dan jika hal tersebut konsisten dilakukan dan dalam pengawasan dokter, mungkin kolesterol Anda akan segera normal.

Image Credit : https://goo.gl/JwG18s