Cara melihat gerhana matahari total di Indonesia 2016

Gerhana matahari total 2016 : Beberapa bagian dunia akan memiliki pemandangan langka di langit pada sekitar tanggal 8-9 Maret 2016. Hal ini karena pada sekitar tanggal itu akan terjadi gerhana matahari total di tahun 2016.

Fenomena gerhana matahari terjadi karena ketika bulan melewati tepat diantara bumi dan matahari, sehingga mengakibatkan suasana siang menjadi malam dalam waktu yang singkat.

Cara melihat gerhana matahari total di Indonesia 2016


Gerhana matahari total di tahun 2016 ini akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia yaitu Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Menurut NASA, beberapa negara di Asia Tenggara, Australia Timur dan Utara, Hawai, dan beberapa bagian di Alaska akan bisa menyaksikan gerhana matahari tapi bukan gerhana matahari total. Sehingga yang berpotensi besar terjadi gerhana matahari total hanya di Indonesia.


Spesifik daerah di Indonesia yang dilalui gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 yaitu Palembang, Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya (Kalteng), Balikpapan (Kaltim), Palu, Poso, Luwuk (Sulteng), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, serta Kalimantan Barat. (Sumber Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Namun, berkat bantuan teknologi, orang di seluruh dunia akan bisa melihat gerhana matahari total melalui video atau gambar-gambar di komputer atau gadget mereka dengan mengakses internet. Tapi hal tersebut mungkin tidak ada sensasi yang istimewa, dan akan berbeda jika menyaksikan langsung gerhana matahari total secara langsung, yang pasti tetap tidak menggunakan mata telanjang.

Bagi mereka yang melihat gerhana matahari secara langsung bisa membahayakan diri mereka. Hal ini dikarenakan oleh sinar yang kuat mampu merusak retina mata dan menyebakan kebutaan. Oleh karena itu salah satu cara yang di rekomendasikan adalah dengan menggunakan kacamata pelindung. Kacamata pelindung khusus ini berbeda dengan kacamata biasanya yang berwarna hitam atau gelap. Selain itu bisa juga melihat melalui kamera untuk melihat lebih aman.

NASA mengatakan bahwa gerhana matahari di tahun 2016 ini juga terkenal karena para ilmuwan akan menggunakan fenomena langka ini untuk menguji teknologi yang menurut mereka sangat penting untuk mempelajari gerhana matahari di tahun-tahun berikutnya. Diprediksi pada 21 Agustus 2017 akan terjadi lagi gerhana matahari total yang akan bergerak lurus ddi tengah Amerika Serikat. Setelah itu tidak akan ada lagi gerhana matahari total hingga tahun 2045.

Peristiwa gerhana matahari total tahun 2016 ini akan sangat membantu para peneliti yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih jelas dari matahari. Selama gerhana matahari total, maka korona matahari akan keluar atau terlihat, atmosfernya akan terlihat redup. Para ilmuan biasanya menjadikan hal ini untuk bisa melihat lebih jelas matahari. Mengetahui lebih jelas tentang korona merupakan hal penting bagi ilmuwan, hal ini dikarenakan oleh jilatan api matahari dan coronal mass ejections, dimana dapat mempengaruhi satelit dan jaringan listrik yang bisa meledak karena bagian tersebut.

2 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon