Apa Itu Polusi Cahaya? Inilah penjelasannya


Apa Itu Polusi Cahaya? Inilah penjelasannya


Polusi cahaya adalah masalah yang terus berkembang di seluruh dunia yang dapat mempengaruhi wilayah di seluruh bumi. Secara singkat, polusi cahaya adalah salah satu bentuk penyalahgunaan, yang secara umum dihasilkan dari penggunaan produk lampu luar ruangan yang berlebihan. Polusi cahaya memiliki beberapa bentuk dan masing-masing memiliki efek negatif.

  • Sky Glow yaitu lampu yang cahayanya memantul hingga ke langit malam. Hal ini biasanya menyebabkan cahaya diatas daerah perkotaan atau pinggiran kota.
  • Glare yaitu lampu yang memiliki sinar berbahaya jika terkena mata orang ketika mereka berjalan atau berkendara.

  • Light Trespass yaitu lampu yang tidak diperlukan yang bersinar ke arah rumah tetangga atau ke rumah pemiliknya.

Mengapa kita perlu peduli terhadap polusi cahaya ?


Pencemaran atau polusi cahaya yang terlalu banyak akan berdampak pada kehidupan kita. Polusi cahaya secara tidak langsung mencemari udara yang kita hirup, karena akan meningkatkan produksi dan kinerga generator atau pembangkit listrik yang sebagiarn besar bahan bakarnya dari fosil. Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak bumi, batu bara, dan fosil lainnya bisa meningkatkan emisi gas rumah kaca yang mempengaruhi pemanasan global. Polusi udara merupakan masalah serius yang mempengaruhi kehidupan manusia.

Selain itu polusi cahaya merugikan satwa liar nokturnal. Banyak spesies yang hidupnya di tempat yang tidak gelap, dan tidak sedikit pula yang akan aktif saat gelap. Sehingga jika terlalu banyak polusi cahaya secara tidak langsung akan mempengaruhi atau mempersempit aktivitas satwa nokturnal.

Polusi cahaya juga mampu merusak pandangan bumi dari langit. Hal ini bisa terjadi jika bumi dipenuhi cahaya dari lampu di malam hari, sehingga bumi tidak nampak normal karena efek polusi cahaya.