Simpang Lima Gumul menghadirkan suasana Paris di Kediri Jawa Timur

Simpang Lima Gumul Kediri : Arc de triomphe de I’Etoile (Arc de Triomphe) adalah suatu monumen yang memiliki bentuk seperti gapura. Monumen ini berada di Kota Paris. Monumenini dibuat dengan tujuan mengenang kemenangan pasukan Napoleon di Pertempuran Austerlitz. Namun dalam artikel ini bukan untuk membahas tentang Paris atau cerita tentang keunggulan negara Perancis, tapi sebaliknya disini akan dibahas tentang Arc de Triomphe yang ada di Kediri Jawa Timur.

Simpang Lima Gumul menghadirkan suasana Paris di Kediri Jawa Timur


Simpang Lima Gumul (SLG) begitulah penyebutan Arc de Triomphe-nya Kediri. Simpang Lima Gumul merupakan bangunan yang menjadi ciri khas di Kabupaten Kediri. Bangunan ini menjadi populer karena menyerupai Arc de Triomphe. Sehingga tidak perlu datang ke Paris, Perancis agar bisa melihat secara langsung Arc de Triomphe atau hanya sekedar foto, cukup dengan ke Kediri maka akan menemukan Arc de Triomphe tapi versi Kediri, Jawa Timur.


Dibalik monumen Arc de Triomphe terdapat spirit perjuangan Napoleon, tapi bagaimana dengan Simpang Lima Gumul (SLG) ? Menurut website resmi Pemerintah Kab. Kediri (kedirikab.go.id), Simpang Lima Gumul juga memiliki spirit tentang berdirinya Kabupaten Kediri. Hal itu akhirnya mempengaruhi tata letak Simpang Lima Gumul yang berada di tengah jalur menuju daerah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren, dan Menang. Namun beberapa referensi menyebutkan bahwa pembangunan Simpang Lima Gumul ini untuk mendongkrak perekonomian Kabupaten Kediri, oleh karena itu letaknya berada di posisi yang strategis.


Filosofis Bangunan Monumen Simpang Lima Gumul


  • Bangunan Simpang Lima Gumul memiliki tinggi 25 meter, yang tediri dari 6 lantai

  • Bangunan Simpang Lima Gumul memiliki luas 804 m2

  • Kemudian terdapat tiang tumpuan dilantai dasar setinggi 3 meter

Angka-angka pada yang digunakan sebagai ukuran bangunan Simpang Lima Gumul bukan asal-asalan dibuat, tapi hal itu disesuaikan dengan hari jadi Kabupaten Kediri yaitu pada tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi.

Fasilitas di Simpang Lima Gumul


  • Sebagai fasilitas untuk menjamu pengunjung Simpang Lima Gumul, maka disediakan area parkir. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk memarkir kendaraannya, kemudian memang lebih nyaman menikmati suasana Simpang Lima Gumul dengan jalan kaki dibandingkan naik mobil atau motor.

  • Dengan berjalan kaki, maka pengunjung bisa befoto. Karena ditempat tersebut tersedia banyak spot yang menarik untuk dijadikan latar foto.

  • Selain dijadikan tempat untuk berfoto, banyak warga lokal atau wisatawan yang hanya sekedar duduk-duduk di sekitar Simpang Lima Gumul. Memang bangunan tersebut kondusif untuk dijadikan tempat bersosialisasi.

  • Nah, untuk kuliner bisa menjadi daya tarik sendiri. Tiap malam di sekitar Simpang Lima Gumul terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman. Tapi hal ini terjadi ketika malam hari

  • Simpang Lima Gumul memang menjadi destinasi utama, tapi ketika kesana ada kemungkinan tidak mendatangi satu tempat saja. Di sekitar Simpang Lima Gumul terdapat tempat Pemandian atau wahana air Gumul Paradise Island, sehingga tidak sia-sia ketika kesana karena tidak mendatangi satu tempat saja.

  • Untuk memudahkan akses kesana memang mudah dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum, misalnya dengan menggunakan bus antar kota. Hal ini mudah diakses karena Simpang Lima Gumul dekat dengan Terminal bus antar kota.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Simpang_Lima_Gumul
http://www.kedirikab.go.id/index.php%3Foption%3Dcom_content%26view%3Darticle%26id%3D684%26Itemid%3D796
http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/kediri/simpang-lima-gumul-monumen-indah-di-kediri-hingga-berekreasi/3116/
http://jadiberita.com/62030/simpang-lima-gumul-arc-de-triomphe-nya-kota-kediri.html
http://www.1001malam.com/hotel/kediri-64/surrounding/hotel-dekat-simpang-lima-gumul-35

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars