Proses panjang dibalik nikmatnya Kopi Luwak

Anda tahu kotoran atau tinja hewan yang paling berharga?  Biji kopi yang terdapat pada kotoran atau tinja luwak. Kopi luwak berasal dari Asia Tenggara terutama yang saya ketahui secara langsung yaitu Kopi Luwak Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa kopi luwak adalah kopi termahal di dunia, karena kopi luwak memiliki kualitas tinggi dibanding dengan kopi pada umumnya.

Berdasarkan referensi yang saya pelajari, bahwa kopi luwak berasal dari Pulau Sumatera di Indonesia.  Luwak liar di Sumatera memakan biji kopi pada perkebunan kopi, letak perkebunan kopi berbatasan dengan hutan dimana hutan menjadi habitat asli luwak.  Luwak liar akan memakan biji kopi yang paling berkualitas, dan akan benar-benar memilih biji kopi yang benar-benar berkualitas untuk dimakan. Sehingga Jika Anda ingin mengetahui bagaimana memilih kopi yang memiliki kualitas tinggi, maka luwak mengetahui jawabannya.


Proses panjang dibalik nikmatnya Kopi Luwak



Ketika memakan kopi, pencernaan luwak tidak dapat mencerna kopi secara keseluruhan. Luwak hanya mencerna kulit kopi saja, sedangkan biji kopi akan dikeluarkan sebagai kotoran atau tinja luwak. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa, kopi pada tinja luwak memiliki kualitas terbaik dibanding kopi biasa.  Kualitas kopi luwak dipengaruhi oleh faktor fermentasi yang terjadi di perut luwak.

Pada awalnya luwak memakan kopi di perkebunan kopi, kemudian setelah makan mereka kembali ke habitatnya yaitu hutan di Sumatera. Luwak akan membuang kotoran atau tinja di hutan, kemudian kotoran luwak tersebut akan diambil oleh petani kopi luwak. Kemudian mengolah biji kopi dari tinja luwak menjadi secangkir kopi nikmat.

Sehingga secangkir kopi luwak yang nikmat dan mahal memang membutuhkan proses yang sangat panjang. Bayangkan bagaimana petani mendapatkan tinja luwak di hutan Sumatera yang sangat luas? Bagaimana mengetahui lokasi tepatnya luwak membuang kotoran?  Bagaimana memastikan kopi terbaik dan tidak rusak ketika kotoran luwak sudah terlalu lama?