Penggunaan kemangi atau lemon basil untuk masakan dan obat

Penggunaan kemangi atau lemon basil untuk masakan dan obat

Penggunaan kemangi atau lemon basil untuk masakan dan obat : Mungkin masih ada orang Indonesia yang tidak mengenal istilah kemangi, meskipun sering mengkonsumsinya. Nah, dalam artikel ini akan memberikan informasi tentang kemangi dan segala manfaatnya.

Tidak semua orang menyukai kemangi, beberapa memang ada yang membenci tanaman ini. Kemangi juga dikenal dengan basil yang berarti “menjadi harum”, namun beberapa daerah di dunia ada yang menyukai dan membenci tanaman ini. Mereka yang tidak menyukai kemangi biasanya karena baunya yang menyengat.

Kemangi sangat mudah tumbuh selama suhu tidak terlalu panas. Di Indonesia banyak dijumpai tanaman kemangi, terutama di pedesaan yang biasanya di tanam masyarakat di pekarangan rumahnya. Kemangi di Indonesia banyak digunakan untuk berbagai masakan misalnya campuran sayur, atau bahkan yang sering di jumpai dalam bentuk lalapan seperti lalapan pecel, lalapan sambal di warung-warung “penyetan”.

Tanaman ini sering digunaan baik dalam bentuk segar maupun kering. Sebuah fakta menunjukan bahwa kemangi semakin lama dipanaskan maka aromanya akan semakin tercium. Orang-orang eropa mendidihkan saus pasta mereka dengan waktu yang begitu lama, hal itu dilakukan untuk mengeluarkan rasa dan aroma tanaman ini.

Jika Anda memiliki kebun, maka Anda dapat menggunakan jenis tanaman basil atau kemangi untuk mengusir lalat pada tanaman atau kebun Anda, karena lalat merupakan bagian dari binatang yang tidak menyukai aroma basil atau kemangi.

Kemangi memang dekat dengan jenis tanaman mint, dan memiliki manfaat sebagai obat juga seperti mint. Sebagian orang menggunakan mint dengan membantu sistem pencernaan dan mengurangi gas dalam pencernaan. Para Herbalist menggunakan kemangi untuk penyakit seperti kram perut, munta, sembelit, sakit kepala, dan kecemasan. Ketika basil atau kemangi digunakan untuk hal ini, umumnya dibuat menjadi teh panas untuk diminum. Beberapa juga mengklaim bahwa panas secangkir teh basil atau kemangi dapat membantu dalam tidur malam yang kualitas, sehingga baik untuk yang kesulitan tidur malam. Di toko herbal, Anda juga membeli kapsul basil jika Anda tidak ingin menikmati teh basil.

Basil atau kemangi bisa ditanaman sebagai tanaman obat keluarga atau toga, karena selain berfungsi sebagai obat juga bisa digunakan ketika memasak.

Cara menanam kemangi


Kemangi sangat mudah tumbuh menurut pengalaman penulis ketika menanam kemangi. Di pedesaan memang sangat mudah dijumpai tanaman kemangi, biasanya kemangi tumbuh liar di pekarangan. Nah, tanaman kemangi yang tumbuh liar itu ketika masih kecil bisa dipindahkan ke pekarangan rumah, sehingga bisa tertata rapi dipekarangan rumah.

Kemudian, jika kemangi mulai berbunga nantinya bunga itu bisa digunakan untuk pembibitan. Biarkan bunganya mengering dan pastikan ada bijinya. Nanti tinggal tabur bijinya di media tanam yang disiapkan. Tunggu hingga kemanginya tumbuh dan memiliki beberapa daun, setelah itu baru tanaman kemangi kecil bisa dipindah ke pot atau di tata di pekarangan rumah.

4 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon