Inovasi lampu jalan tenaga surya di Balongpanggang Gresik

Inovasi lampu jalan tenaga surya di Balongpanggang Gresik : Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, pemerintah akan membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu fasilitas penting adalah adanya jalan bagus untuk memudahkan transportasi. Jalan raya yang bagus umumnya menggunakan aspal atau beton, dan kondisinya tidak berlubang.  Tidak cukup dengan jalan yang tidak berlubang, namun jalan juga harus dilengkapi dengan penerangan jalan. Penerangan biasanya dengan menggunakan lampu jalan, yang berfungsi untuk menerangi jalan ketika kondisnya gelap.

Sering dijumpai teknologi lampu jalan yang otomatis akan menyala jika kondisi mulai gelap. Tidak hanya menyala pada malam hari, tap siang hari ketika gelap karena hujan atau mendung maka lampu tersebut akan otomatis menyala tanpa harus ada orang yang menyalakannya. Lampu jalan umumnya menggunakan listrik PLN sebagai sumber tenaga.

Inovasi lampu jalan tenaga surya di Balongpanggang Gresik

Namun yang lebih inovatif lagi yaitu ketika lampu jalan menggunakan matahari sebagai sumber tenaganya, yang lebih dikenal sebagai lampu tenaga surya. Tapi bagaimana jika lampu tenaga surya tersebut dipasang di sepanjang jalan untuk penerangan jalan raya?

Lampu jalan tenaga surya bisa di jumpai di daerah Gresik, tepatnya di jalan raya dari arah Mojokerto ke arah Balongpanggang Gresik. Sepanjang jalan itu terpasang lampu jalan, tapi yang membuat kagum adalah tidak ada kabel yang menghubungkan antar tiang lampu ataupun kabel ke listrik PLN. Hal tersebut bukan berarti lampu tersebut belum selesai dikerjakan. Tapi kabel yang biasanya digunakan untuk menyalurkan energi listrik dari listrik PLN sudah tergantikan dengan terpasangnya panel surya di masing-masing tiap lampu jalan.

Panel surya yang terpasang di masing-masing tiang lampu jalan berfungsi untuk menyerap energi matahari dan mengubah menjadi energi listrik. Kemudian listrik dari energi matahari akan digunakan untuk menyalakan lampu jalan.

Hal ini merupakan inovasi yang perlu untuk ditiru oleh wilayah lain, karena memang banyak keuntungan atau manfaat yang didapatkan ketika menggunakan lampu jalan tenaga surya. Memang akan memerlukan pengeluaran biaya ekstra untuk membeli perangkatnya, kalau lampu jalan biasa mungkin cukup dengan lampu, tiang listri, kabel, dan sebagainya. Namun dengan lampu jalan tenaga surya, harus menambahkan panel surya dan perangkatnya sebagai sumber energi listrik.

Biaya besar akan terasa di awal, tapi setelah itu akan memberikan manfaat. Diantaranya adalah tidak perlu membayar listrik bulanan ke PLN misalnya, karena energi listrik lampu jalan diperoleh gratis dari alam yaitu energi matahari. Selain itu juga mendukung program pemerintah untuk melakukan hemat energi, sehingga stok energi listrik yang dimiliki PLN bisa disalurkan untuk yang benar-benar membutuhkan misalnya mungkin masih ada daerah yang belum mendapatkan pasokan listrik.

Seperti contoh penggunaan lampu jalan tenaga surya di daerah Balongpanggang, Gresik. Hal itu bisa memberikan contoh bentuk dari kemandirian energi. Memang secara umum wilayah Balongpanggang, Gresik tersebut memiliki cuaca yang sangat panas baik musim penghujan ataupun kemarau. Sehingga dengan penggunaan panel surya pada lampu jalan bisa sangat tepat.

Namun, rata-rata wilayah Indonesia secara geografis memang terletak di daerah tropis yang memiliki iklim yang panas. Sehingga kondisi tersebut idealnya juga bisa menerapkan penggunaan energi surya, paling tidak untuk fasilitas umum yang membutuhkan energi listrik. Bagaimanapun langkah inovatif seperti ini harus diapresiasi, bukan karena untuk dianggap keren tapi hal tersebut mampu memberikan dampak jangka panjang atau berkelanjutan.


2 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon