Dampak stres positif pada kekebalan tubuh dan kesehatan manusia

Dampak stres positif pada kekebalan tubuh dan kesehatan manusia : Stres merupakan hal yang pasti pernah di alami oleh semua orang. Kemudian rata-rata stres dianggap sebagai hal yang negatif, karena bisa mengakibatkan penyakit dan merusak kesehatan manusia. Tapi tahukah Anda bahwa stres juga berkontribusi terhadap kesehatan manusia? Dan justru pola hidup yang tidak sehat lah yang menyebabkan terjadinya penyakit pada manusia.

Dampak stres positif pada kekebalan tubuh dan kesehatan manusia


Stres membantu memerangi penyakit


Stres dan sistem kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam kehidupan serta kesehatan Anda secara keseluruhan. Dalam aktivitas sehari-hari, stres mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespon untuk memerangi penyakit. Peristiwa stres yang terjadi dalam waktu singkat dapat mengubah cara sistem kekebalan tubuh Anda merespon cepat. Respon sistem kekebalan tubuh yang singkat benar-benar dapat membantu dalam beberapa hal, misalnya mendistribusikan kembali sel dengan positif untuk membantu tubuh Anda beradaptasi melakukan perbaikan dengan cepat. Peristiwa atau kejadian stres memang dapat memiliki dapak merusak sistem kekebalan tubuh, tapi itu terjadi ketika trauma dan stres yang kronis karena bisa membahayakan performa sistem kekebalan tubuh Anda.

Tiap individu memiliki reaksi yang berbeda terhadap situasi stres. Beberapa pengalaman, perubahan fisiologis ketika berada dibawah tekanan dari orang lain. Stres dan sistem imun dapat membawa kondisi dimana sel-sel tubuh Anda sebenarnya dapat ditekan dan terlibat dalam fungsi yang bermanfaat dalam melindungi tubuh Anda terhadap infeksi.

Stres positif disebut juga Eustress. Hal ini dapat memberikan sebuah ledakan adrenalin untuk membantu mencapai target dan menghadapi deadline. Eustess mampu memberikan kewaspadaan mental, motivasi, dan efesiensi. Misalnya stres saat presentasi di tempat kerja, stres karena deadline tugas atau pekerjaan, maka stres dan sistem kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik, segala macam kuman, bakteri, virus, dan penyakit lainnya memiliki kesempatam besar untuk masuk dalam tubuh Anda.

Pola hidup tidak sehat penyebab penyakit


Kencing manis, maag, serangan jantung, dan asma adalah beberapa penyakit parah karena efek dari stres dan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena peningkatan bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh Anda yang membantu dengan konduksi saraf menyebabkan perubahan denyut jantung dan pembuluh darah, yang akan merusak respon sistem kekebalan tubuh Anda ketika Anda memasuki kondisi yang menyebabkan Anda stres.

Pola makan yang benar, olahraga, dan istirahat yang cukup untuk mengatasi stres


Untuk membantu menurunkan kemungkinan bahwa stres dan sistem kekebalan tubuh akan berdampak negatif pada kehidupan Anda sehari-hari, Anda dapat melakukan pola makan yang benar, olahraga secara teratur, dan memperoleh istirahat yang cukup. Makan makanan yang sehat dan bergizi merupakan hal yang tepat untuk memulai hidup sehat. Konsumsi makanan seperti sayuran berwarna orange seperti wortel, labu, atau ubi jalar dapat membantu memperoleh Vitamin A. Daging sapi rendah lemak dan beberapa jenis jamur yang mengandung zinc dapat membantu membentuk sel darah putih untuk melawan infeksi. Teh, sereal, dan yogurt juga membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik.

Langkah psikologis untuk mengatasi stres


Anda juga dapat mencoba untuk menjaga tingkat stres seminimal mungkin. Anda bisa dengan proses berlatih pernapasan dan teknis menenangkan diri dari kecemasan untuk mengurangi tingkat stres Anda. Stres dan sistem kekebalan tubuh dapat berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh ketika stres keluar dan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi sesuai dengan tugasnya. Stes adalah proses fisiologis tapi Anda bisa melakukan langkah-langkah psikologis untuk mengendalikan dan mengontrol kondisi yang bisa mengakibatkan penyakit pada diri Anda.