5 Tips merawat pohon mangga agar cepat berbuah lebat

5 Tips merawat pohon mangga agar cepat berbuah lebat : Jika Anda seorang pemula dalam hal menanam pohon mangga, maka Anda harus mengetahui tentang perawatan pohon mangga yang Anda tanam. Karena rata-rata pohon mangga dan jenis pohon buah lain biasanya mati di awal sebelum bisa memanen buahnya. Hal tersebut disebabkan oleh perawatan yang buruk dan penyakit. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda memahami cara merawat pohon mangga yang benar. Pastikan cara tersebut mampu memberikan kepastian bahwa pohon mangga Anda akan tumbuh dengan baik dan akan berbuah nantinya.

5 Tips merawat pohon mangga agar cepat berbuah lebat

  • Memberikan penyangga pada bagian yang berbuah


Pada awalnya memang kondisi pohon, akar, batang, cabang, serta ranting pohon mangga belum sepenuhnya kuat untuk menyokong baik pohon atau buahnya. Oleh karena itu jika pohon mangga Anda berbuah, kadang batang atau dahannya tidak cukup untuk menopang berat buahnya. Jika hal ini terjadi maka Anda harus memberikan penyangga agar batang atau dahan yang terdapat buah tidak patah. Untuk peyangga Anda bisa menggunakan kayu atau papan untuk menyangga dari bawah, selain itu Anda juga bisa mengikat bagian yang berbuah dari atas untuk membantu menopang berat buah. Hal ini mungkin akan terjadi di tahun pertama, tahun-tahun berikutnya bisa jadi semua bagian pohon mangga akan lebih kuat.

  • Pemberian nutrisi yang tepat


Pemberian nutrisi yang tepat tidak hanya diperlukan untuk produksi buah mangga yang sehat, tapi juga untuk pohon agar mampu bertahan hidup lebih lama. Biasanya nutrisi pohon mangga bisa disesuaikan dengan luas, iklim, dan jenis pohon mangganya. Tapi jika kesulitan maka bisa konsultasi dengan orang yang bekerja di pembibitan atau yang menjual bibit tanaman atau pupuk tanaman buah. Mungkin mereka hanya ingin menjual bibit atau jenis pupuk tertentu, tapi dengan pengalaman yang mereka miliki mungkin bisa membantu memberikan solusi pupuk atau nutrisi terbaik untuk tanaman mangga Anda. Coba Anda memberi tahu mereka tentang kondisi pohon Anda, kemudian mereka biasanya memberikan solusi untuk Anda. Mereka bisa membantu Anda menemukan solusi yang terbaik untuk pohon mangga Anda.

  • Tidak berlebihan ketika menyiram dengan air


Banyak orang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk memastikan kesehatan pohon mangga adalah menyiram dengan air yang banyak. Hal ini belum tentu benar, karena fakta menunjukan bahwa terlalu banyak air pada pohon bisa berbahaya. Kandungan air yang terlalu banyak akan mempengaruhi rasa buah, meski buahnya besar kadang kalau kandungan airnya banyak maka rasanya tidak manis. Selain itu juga pohon bisa mati jika akar-akarnya membusuk karena terlalu banyak air. Jadi jangan pernah memberikan air dengan jumlah yang berlebihan pada pohon mangga.

  • Potong bagian pohon yang rusak atau terkena penyakit


Jika Anda mulai melihat cabang atau ranting yang tidak sehat misalnya terlihat rusak, maka Anda harus segera memotongnya. Karena bagian yang rusak akan membuang-buang nutrisi dan tidak menghasilkan apa, jadi lebih baik semua nutrisinya untuk bagian yang sehat. Periksalah cabang atau bagian pohon mangga yang memburuk atau yang tidak sehat, kemudian segera potong bagian tersebut. Setidaknya dengan memotongnya bisa mencegah penularan ke bagian lain, jika bagian pohonnya rusak karena penyakit seperti bakteri dan sebagainya.
  • Ambil atau buang buah mangga yang jatuh


Setelah pohon Anda mulai memasuki masa panen, jangan pernah meninggalkan buah yang terjatuh di tanah. Hati-hati dengan buah yang jatuh, dan bahkan Anda harus mencari buah yang jelek (rusak, busuk,dll) yang tidak mungkin Anda gunakan. Anda masih harus mengambil dan membuangnya, karena setelah buah mangga mulai membusuk maka buah mangga busuk akan menyediakan tempat yang disukai oleh seranggga yang bisa merusak atau membawa penyakit yang dapat menular ke pohon atau buah mangga itu sendiri. Jadi perlu diingat untuk selalu menyapu buah yang jatuh dan membuangnya.

Dari hal tersebut mungkin Anda merasa bahwa merawat buah mangga memang hal yang merepotkan. Bahkan mungkin tidak memungkinkan untuk melakukan tips-tips diatas untuk pohon yang sehat. Tapi jika Anda minimal memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan pohon saja, mungkin itu sudah cukup baik. Selain nutrisi, mengetahui ukuran yang tepat dalam penyiraman yang harus Anda lakukan untuk menjaga rasa buah mangga. Namun dengan melakukan semua tips ini, maka Anda akan memiliki pohon besar yang menghasilkan buah mangga yang berkualitas

3 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon