3 Tips Penting Public Speaking yang baik untuk pemula

3 Tips Penting Public Speaking yang baik untuk pemula : Banyak orang yang mendapatkan pujian karena mampu berbicara dengan baik di hadapan orang banyak. Tidak jarang para audience kadang kagum pada sosok seorang pemimpin yang mampu mengekspresikan diri dan meyakinkan mereka. Oleh karena itu jika ingin lancar dan efektif dalam berbicara di depan orang banyak, maka kuncinya mengetahui cara public speaking yang efektif.

3 Tips Penting Public Speaking yang baik untuk pemula


Menghadapi orang banyak bisa menjadi pengalaman yang berkesan bagi beberapa orang. Mereka yang berbicara di hadapan orang banyak akan menemukan hal menyenangkan dan menarik ketika mengekspresikan diri di hadapan publik. Tapi menjadi orang yang mampu berbicara di hadapan orang banyak harus mempersiapkan apa yang akan dibicarakan. Hal ini merupakan faktor penting agar bisa tampil dengan baik di hadapan orang banyak.


Melakukan persiapan diri untuk berbicara di hadapan orang banyak merupakan hal yang tidak mudah. Anda dituntut untuk tampil dengan sempurna dengan hasil yang terbaik dan memuaskan. Cara terbaik yang perlu diperhatikan adalah mendapatkan perhatian ketika memulai pembicaraan, dan mampu memprovokasi audience di akhir pembicaraan untuk mengarahkan pada tindakan atau perilaku positif.

Membuat konten pembicaraan yang berkualitas :


  • Ringkasan atau rangkuman pembicaraan merupakan hal yang sangat penting untuk mengemas apa yang Anda bicarakan dan menyampaikan pesan secara efektif. Fokuskan pada tujuan dari apa yang ingin Anda bicarakan. Entah itu berupa ajakan, hal-hal yang bersifat informatif, ataupun tujuan menghibur
  • Usahakan isi pembicaraan agar mengarah pada titik fokus yang menjadi inti dari pesan Anda.
  • Pahami target dan kondisi acara dimana Anda berbicara. Hal ini penting untuk menyesuaikan dengan karakter audience Anda.
  • Pastikan apa yang Anda bicarakan penuh dengan fakta yang akurat, bahkan jika diperlukan untuk menjelaskan angka-angka maka jelaskan dengan cara yang mudah di pahami selama pembicaraan, jangan membuat istilah yang sulit dipahami audience. Untuk fakta memang harus akurat, obyektif dan dari sumber yang terpercaya, hal ini untuk meyakinkan audience terhadap kredibilitas Anda.

Penampilan fisik dalam public speaking


  • Gestur, gerakan, ekspresi wajah dan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikatakan penting karena hal tersebut mampu mengungkapkan tentang Anda sebagai pembicara dan apa yang Anda bicarakan.
  • Sebagai “public speaker” seharusnya mampu menciptakan kenyamanan, entusiasme, dan kepercayaan diri.
  • Fokus untuk berinteraksi langsung dengan audience, jangan fokus pada catatan yang Anda bawa. Jadi lebih baik lagi jika tidak membaca catatan, karena dalam hal ini Anda sedang berbicara bukan sedang membaca.
  • Penampilan pakaian yang sesuai dengan kondisi acara dimana Anda berbicara.

Hal yang perlu diperhatikan dalam berbicara


  • Berbicara dengan penuh kepercayaan sangat penting ketika berbicara di dapan orang banyak. Hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas sebagai pembicara.

  • Jika Anda berpidato atau berbicara di hadapan orang banyak, maka latihan serta persiapkan diri untuk berbicara secara perlahan. Coba mengucapkan kata-kata dengan jelas, perhatikan intonasi dan kapan harus memberi jedah dalam berbicara, kemudian yang tidak kalah penting adalah masukan emosi dalam topik yang dibicarakan agar tidak terlihat datar.

  • Interaksi dengan audience misalkan dengan berbicara, mendengarkan mereka, merespon, dan saling berkomunikasi dua arah.

  • Sisipkan hal menarik misalnya humor, atau bisa dibantu dengan audio visual.