Perbedaan blog marketing dan email marketing

Blog marketing dan email marketing adalah dua hal yang berbeda. Kedua hal tersebut adalah dua cara yang berbeda untuk memasarkan sesuatu, entah itu produk ataupun layanan tertentu. Anda akan menemukan bahwa hanya karena seseorang munggkin menggunakan email marketing untuk bisnisnya, hal ini bukan berarti bahwa mereka juga menggunakan blog marketing.

Perbedaan blog marketing dan email marketing


Blog marketing adalah ketika Anda menggunakan blog untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Anda bisa memasarkan produk atau layanan sehingga menarik bagi orang lain, karena sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan menggunakan blog, Anda bisa menceritakan produk yang Anda gunakan dan membiarkan orang lain mengetahui tentang hal itu. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini. Anda bisa melakukannya dengan mudah atau sulit, misalnya Anda bisa memasarkan blog Anda dengan bertukar link dengan blog lain yang sesuai dengan blog Anda. Anda juga bisa meninggalkan komentar di blog lain dengan dampak blog Anda akan mendapatkan pengunjung atau pembaca lebih banyak.  Jangan lupa untuk memperbarui konten atau isi blog Anda sesering mungkin. Karena hal itu mampu memberikan dampak yang besar terhadap blog Anda.


Email marketing adalah ketika Anda menggunakan email untuk mempromosikan layanan atau produk tertentu. Anda hanya akan memiliki pengunjung Anda untuk mendaftarkan pada newsletter, dan kemudian mengirim email kepada mereka semua yang telah mendaftar. Namun, Anda juga akan mengetahui bahwa email marketing sangat bagus untuk digunakan pada hal lain. Anda bisa menepatkan link afiliasi atau  affiliate marketing pada newsletter Anda, dan dengan harapan pembaca akan mengklik link tersebut serta melakukan pembelian produk dari link afiliasi. Kemudian Anda mendapatkan komisi atau fee dari program afiliasi tersebut.

Pemasaran dalam dua hal ini hampir sama. Anda harus mengetahui  siapa target pasar Anda dan apa yang ingin Anda jual. Setelah mengetahui hal tersebut, selanjutnya adalah tinggal memilih menggunakan email marketing, affiliate marketing, atau blog marketing. Bahkan jika Anda melakukan pemasaran offline, hal tersebut juga akan berlaku. Anda perlu tahu apa yang akan Anda jual dan Anda seharusnya mengetahui akan dijual ke siapa.

Blog marketing dan email marketing memiliki kesamaan dalam banyak hal, tapi hal ini juga sangat berbeda. Jika Anda menggunakan blog untuk pemasaran, Anda akan melihat bahwa Anda harus memposting apa yang Anda jual di blog. Tapi untuk pemasaran email, Anda dapat menggunakan email ke pihak-pihak yang berkepentingan. Jika Anda melakukan email marketing, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak melakukan spam, berdasarkan permintaan pemilik email yang mendaftar melalui situs Anda. Hal ini adalah sesuai yang mereka minta untuk dikirim ke email mereka dengan mendaftar dalam newsletter. Sedangkan jika Anda menggunakan blog marketing, Anda akan melakukan hal ini dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dengan website, dan mendapatkan pengunjung lebih banyak pada blog Anda.

Mana yang Anda inginkan ? Apakah blog marketing atau email marketing ? Keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Tapi kunci pentingnya adalah Anda butuh waktu dan ketekunan untuk melakukannya hingga mencapai hasil yang diinginkan. Dan hal yang lebih penting lagi adalah kesabaran.

1 comments so far

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon