Metode kreatif untuk pembelajaran energi alternatif

Metode pembelajaran energi alternatif : Metode terbaik untuk mengedukasi generasi muda tentang produksi energi adalah dengan penggunaan PicoTurbine yang merupakan perusahaan peralatan, buku dan pembelajaran. Pico Turbine merupakan perusahaan yang memproduksi peralatan, buku, dan memberikan pembelajaran dengan tujuan memajukan pembaharuan energi atau energi alternatif, serta membuat generasi muda melihat ke masa depan dan melihat bahwa lingkungan yang menjadi unggulan saat ini adalah yang akan mereka wariskan untuk generasi berikutnya.

Metode pembelajaran energi alternatif

Things are more like they are now than they have ever been before.

Dari situ bisa ditarik maksud bahwa jika kita ingin mengubah masa depan yang lebih baik, maka dimulai saat ini dengan adanya “green energy sustems”.

Salah satu konsep inti PicoTurbine adalah pernyataan,

Tell me, and i will forget. Show me, and i might remember some of it. Involve me, and i will master it.

Berdasarkan pepatah tersebut, peralatan yang di produksi perusahaan tersebut mengajak generasi muda untuk turun tangan belajar tentang kondisi saat ini. Salah satu ajakan perusahaan ini adalah dengan menunjukan bagaimana panas dihasilkan oleh energi angin dengan menggunakan kawat untuk elemen pemanas. PicoTurbine telah menemukan bahwa orang biasanya berpikir energi angin sebagai pendingin, dan orang akan terkejut jika mengetahui bagaimana angin bisa menghasilkan energi panas dirumah. Ajakan pembelajaran lain yaitu dibagi kelompok dan kemudian membandingkan turbin angin masing-masing yang telah dibuat. Mereka bisa melihat mana yang menghasilkan listrik yang besar dan kecil, mana yang membutuhkan energi angin yang sedikit, dan untuk anak-anak muda juga bisa dilihat mana yang menarik secara estetika atau penampilannya menarik.

Ada kurikulum utama yang dimiliki oleh PicoTurbine bagi guru untuk diajarkan kepada muridnya. Selain dari angin, sumber Alternatif energi terbarukan juga bisa berasal dari tenaga surya, tenaga air, panas bumi, dan biomassa. Ketika kita menggunakan energi alternatif lebih banyak, maka kita sudah turut mengurangi ketergantungan akan penggunaan minyak bumi dan sumber energi yang tidak bisa diperbarui.

PicoTurbine meninjukan bahwa turbin angin dan pembangki tenaga surya sudah disiapkan, maka orang yang membuatnya atau membangunnya bisa juga menggunakan untuk komersial. Selain pembelajaran itu tadi, generasi muda juga perlu diajarkan tentang biaya dibalik bahan bakar fosil, polusi yang dihasilkan, dan kerusakan lingkungam. Polusi udara hasil dari pembakaran bahan bakar fosil terbukti meningkatkan penyakit asma, meningkatkan alergi, dan bahkan bisa menyebabkan kanker. Untuk membersihkan udara lagi, maka perlu beralih ke “green energy”  dalam bentuk energi alternatif yang bisa mencegah pencemaran udara dan membantu meningkatkan kualitas lingkungan hidup.