Menjadi mahasiswa yang membangun peluang untuk berkarya

Menjadi mahasiswa yang membangun peluang untuk berkarya : Kuliah memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sesuai jenjang pendidikan untuk D3, S1, S2, S3 hingga jadi profesor. Rata-rata di Indonesia mahasiswa banyak yang memilih untuk program pendidikan S1. Pada proses perkuliahan S1 pun, itu tidak setahun atau dua tahun. Namun tiga tahun sampai batas waktu yang ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing.

Menjadi mahasiswa yang membangun peluang


Menjadi mahasiswa memang berbeda dengan menjadi siswa. Mahasiswa rata-rata sudah memasuki usia remaja akhir menuju dewasa awal atau masa emerging adulthood. Mahasiswa dituntut untuk segala peran dan fungsi mahasiswa itu sendiri. Menjadi aktivis,  wirausaha dan sebagainya. Pada era MEA ini, pemikiran yang kreatif, bersaing dan inovatif dituntut untuk dilakukan, karena bukan jamannya lagi menjadi pengikut atau kerja dengan orang. Membangun usaha sendiri adalah salah satu pilihan untuk membangun lapangan kerja di Indonesia dan membantu mengurangi pengangguran. Hal inilah yang juga merupakan salah satu tugas dari pemuda-pemuda Indonesia.


Peningkatan dalam segi afektif, kognitif dan psikomotor serta berbagai pengalaman semasa study diharapkan mengahsilkan skill dan juga karya. Karya inilah yang ditunggu-tunggu dari ribuan  mahasiswa yang lulus tiap tahunnya di Indonesia. Karya untuk bangsa, untuk membangun negeri ini lebih baik dan juga membangun diri sendiri. Melakukan eksperimen atau riset, membuat skala prioritas,  membuat planning  dan action, tidak berfikir individualis dan untuk kepentingan pribadi adalah langkah awal yang bisa digunakan untuk mengawali langkah selanjutnya untuk Indonesia dan pemuda Indonesia yang lebih baik.