Meningkatkan kreativitas dengan permainan pikiran

Ingin cara yang menyenangkan untuk latihan otak? Mengapa tidak menggunakan permainan klasik untuk meningkatkan kemampuan otak Anda dan membuat Anda berpikir out of the box? Permainan pikiran yang baik akan membiasakan Anda memecahkan masalah dengan kreatif sebagai bagian dari berpikir kreatif.


Meningkatkan kreativitas dengan permainan pikiran



Salah satu cara berpikir yang bisa Anda coba adalah Anda ambil kertas kemudian susun sembilan titik, yang di susun tiga bagian, dan masing-masing bagian berisi tiga titik (lihat gambar). Kemudian Anda gunakan pensil atau bolpoin untuk menghubungkannya titik-titik tersebut dengan empat garis lurus tanpa harus mengangkat pensil dari kertas. Jika berhasil memecahkan atau menemukan jawaban dari hal ini, maka berarti Anda mampu berpikir “out of the box”.


Permainan pikiran Untuk kelompok


Beberapa permainan pikiran berkelompok sangat baik dilakukan ketika melakukan perjalanan jauh dengan rombongan mobil, misalnya pergi rekreasi sekolah atau kantor. Misalnya ketika seseorang melihat keluar jendela mobil dan memilih obyek secara acak. Sementara itu semua orang yang ada di dalam mobil mencoba membayangkan cara baru untuk bisa menghasilkan uang dengan obyek itu tadi. Sepanjang jalan bisa digunakan untuk memasang iklan, jual pohon portable, konser di mobil, dan sebagainya.

Teknik merubah cara pandang bisa digunakan sebagai permainan pemecahan masalah. Dengan memilih topik apapun dan melihat siapa saja yang mampu menghasilkan perspektif baru dan paling unik. Misalnya, mungkinkah ada dunia dimana pekerjaan tidak diperlukan disana? Bagaimana virus mampu mendefinisikan moralitas?

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars