Mengapa gamers harus menjadi bagian strategi bisnis Anda ?

Apakah Anda mengetahui seberapa banyak peminat game dalam pasar yang Anda bidik? Kim Thompson, SVP group client director of digital, MediaVest, berbagi hasil riset tentang mengapa gamer adalah pasar yang menarik bagi marketeer dalam segala kategori.

Mengapa gamers harus menjadi bagian strategi bisnis Anda ?

Perlu diketahui bahwa gamers adalah segmen pasar yang sangat berpengaruh yang belum banyak dimanfaatkan.


Semakin meningkatnya konten game di Youtube menjadi orientasi utama para gamer agar bisa dilihat oleh banyak orang dan bisa menjadi terkenal. Misalnya melihat orang yang memainkan game Call of Duty,  bisa menjadi menyenangkan seakan kita yang memainkannya. Untuk memahami lebih dalam tentang bagaimana gamer memiliki pengaruh dalam pemasaran, Google baru-baru ini bekerja sama dengan Ipsos MediaCT untuk melakukan survei kepada 4.803 peserta di Amerika,  dengan rentang usia 18 hingga 54.  Dari 2802 orang setidaknya online minimal sebulan sekali (online secara umum) dan 2001 orang diantaranya minimal  online sebulan sekali untuk melihat video game di Youtube (Youtube Gamer atau gamer). Satu hal yang  ditemukan dalam survey tersebut yaitu 30 % Youtube gamer adalah perempuan.

Penelitian yang sama juga menunjukan bahwa gamer condong ke pemuda. Lebih dari sepertiganya diatas 34 tahun. 47% Youtube gamer saat disurvey sudah menjadi orang tua saat ini.

Daya beli gamers dalam penelitian tersebut juga menunjukan bahwa gamer adalah pasar yang menarik bagi pengiklan. Gamer seperti halnya pengguna internet lainnya bisa melakukan pembelian komputer, smartphone, produk media dan entertainment seperti tiket bioskop, album musik, tiket konser baik untuk dirinya sendiri atau diberikan ke orang lain.


Faktanya, Anda mungkin mempertimbangkan gamer sebagai konsumen yang tidak hanya mampu membeli produk Anda seperti pembeli online umumnya, tapi gamers juga memiliki pengaruh utama atas merek atau brand Anda terlepas Anda berada dalam industri game atau tidak.

Misalnya, Youtube gamers tidak hanya memungkinkan membeli produk biasa, mereka juga memungkinkan membeli produk yang mahal. Misalnya 74% dari youtube gamer yang di survey mengatakan bahwa mereka akan membayar lebih besar untuk sebuah produk atau layanan media dan entertainement yang bekualitas. 85%  mengatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk produk atau layanan elektronik yang berkualitas. Dan 73% menyatakan hal yang sama mengenaik produk atau pelayanan makanan / minuman yang berkualitas.


Sumber : goo.gl/XPGXKO