Memilih target pasar yang tepat untuk mengembangkan bisnis online

Salah satu kunci untuk menjadi pebisnis online yang sukses adalah memilih target pasar yang tepat. Salah satu tantangan di internet adalah jangkauan yang sangat luas dan memiliki sifat yang serbaguna. Dengan menggunakan media internet, banyak hal yang bisa dilakukan seseorang.

Memilih target pasar yang tepat untuk mengembangkan bisnis online


Memilih fokus yang Anda sukai dan menetapkannya sebagai target hingga berhasil mencapainya, maka bisa dikatakan bahwa Anda menganggap hal itu menguntungkan dan Anda mampu melakukannya.

Ketika Anda mulai masuk ke pasar, maka Anda perlu memikirkan dimulai dari mana. Anda pasti berpikir bahwa Anda tidak ingin bersaing dengan bisnis besar yang ada di internet. Sehingga perlu mencari peluang yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis yang baru memulai bisnis atau bisnis dalam skala kecil.


Anda perlu mengidentidfikasi apa yang Anda jual atau apa yang ingin Anda jual. Hal ini mengharuskan Anda mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar. Produk yang dijual harus memiliki daya tarik yang kuat, dan memikirkan hal ini harus dilakukan dengan serius serta teliti. Misalnya apakah Anda ingin membuat produk untuk pelajar? Perlu diketahui bahwa pasar itu cukup luas, dan harus dipersempit lagi. Kira-kira apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh sebagian besar pelajar? Dari hal ini Anda harus mempersempit lagi. Misalnya pelajar apa yang dimaksud? SD, SMP, atau SMA? Jika tingkat SMA, bisa dipersempit lagi yaitu SMA, SMK (STM atau SMEA), atau Madrasah Aliyah? Dan dari situ bisa dipersempit lagi misalnya pelajar SMA, kemudian dipersempit lagi apakah baju seragam, buku, atau aksesoris? Dan seterusnya hingga menemukan yang tepat.

Setelah mempersempit target pasar Anda, kemudian coba riset dengan menggunakan keyword planner Google Adword. Coba cari kata kunci yang sesuai dan periksa kata kunci tersebut menggunakan keyword planner, coba lihat seberapa banyak yang mencari kata kunci tersebut dan seberapa ketat persaingannya. Coba pilih yang memiliki kompetisi rendah dan banyak yang mencarinya, tapi biasanya hal ini sudah banyak yang melakukan. Sehingga turunkan standart sedikit, misalnya pesaing sedikit tapi yang cari dalam ukuran sedang (tidak banyak dan tidak sedikit juga).

Setelah memilih target pasar dan kata kunci yang tepat, coba menggunakan keywrod untuk nama website Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat website Anda.  Dengan memilih target pasar akan membantu website Anda lebih menonjol. Dengan demikian akan mampu menemukan pelanggan yang potensial, dengan kompetisi yang rendah, dan Anda memiliki kesempatan untuk menumbuhkan bisnis Anda agar menjadi lebih besar. 

Comments