Membangun kredibilitas sebagai kunci sukses pemasaran

Membangun kredibilitas sebagai kunci sukses pemasaran : Sebagai penjual atau pemilik usaha kecil, apakah Anda menganggap diri Anda memenuhi syarat, pengalaman, dan bisa diandalkan? Hal yang lebih penting lagi, apakah 95% dari pelanggan Anda memiliki pengalaman memuaskan ketika berbisnis dengan Anda atau perusahaan Anda? Jika jawabannya adalah “ya” atas semua pertanyaan tersebut, maka produk atau layanan bisnis Anda memiliki potensi mendapatkan pelanggan yang banyak. Kuncinya adalah komunikasi efektif dengan target pasar Anda.

Membangun kredibilitas sebagai kunci sukses pemasaran


Coba berasumsi bahwa Anda mengetahui apa yang dicari pelanggan Anda, misalnya pelayanan yang sangat baik, memiliki standar etika dan kualitas tinggi, track record yang hampir sempurna dalam menepati janji dan hasil yang diinginkan, serta keterampilan atau pengalaman dalam membantu pelanggan mencapai tujuan atau memecahkan masalah pelanggan. Coba pikirkan tentang hal tersebut.

Apakah Anda sudah berjalan dijalur yang benar?


Ketika belum ada yang menghubungi Anda, karena Anda belum yakin akan prospek yang bisa Anda tawarkan ke pasar baik kualitas dan manfaatnya. Dari situ akhirnya strategi pemasaran muncul.

Coba Anda selalu berpikiran “seberapa lama Anda berada di bisnis tersebut?  Apa yang menjadikan Anda bisa dipercaya? Apakah ada orang yang mampu menjamin ketika Anda diberikan kepercayaan? Mengapa pelanggan merasa aman memilih Anda atau bisnis Anda?

Strategi untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan


Coba untuk berempati atau menempatkan diri Anda sebagai posisi pelanggan Anda dan mencoba berpikir seperti seseorang yang menggunakan layanan Anda.  Pada saat tertentu mereka berpikir, “mengapa saya harus mempercayai seseorang atau perusahaan ini?”

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan citra yang terpercaya adalah dengan penampilan bisnis yang baik, dengan menampikan citra  yang baik misalnya dengan logo, iklan, brosur, dan website.

Cara lain untuk membangun kesan yang baik adalah dengan bergabung dengan organisasi profesional dan menampilkan afiliasi Anda dalam organsiasi tersebut misalnya dalam iklan, surat, atau hal lain yang sering tampil di publik. Seseorang yang menjadi anggota dari organisasi profesi atau industri tertentu biasanya peduli tentang standar etika, bekerjasama dengan orang lain, memberikan pelatihan agar tidak tertinggal. Hal ini juga mampu menyampaikan kesan bahwa mereka menjalani profesinya dengan serius. Keanggotaan dalam kamar dagang juga mampu menjadi investasi peningkatan citra.

Beberapa cara lain untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan termasuk dengan aktif di masyarakat, mendapatkan mandat profesional, tampil dimedia sebagai juru bicara organisasi atau perusahaan, melakukan seminar, mengajar di kelas atau forum, menulis kolom surat kabar, dan berbicara di acara publik dan pertemuan-pertemuan resmi. Memiliki desain yang baik, website yang up-to-date, kartu nama yang profesional, dan reputasi yang sempuran juga aspek penting dari brand Anda dan perusahaan Anda sebagi suatu bisnis yang mampu diandalkan serta memiliki standar kualitas produk dan layanan.