Ketika provider seluler membidik gamers sebagai pasar internet yang potensial

Ketika provider seluler membidik gamers sebagai pasar internet yang potensial : Memainkan game saat ini bukan hanya sebagai hiburan, tapi banyak orang yang bermain game secara profesional dan memperoleh penghasilan dari game.  Indonesia memiliki peluang besar dalam game. Menurut riset Niko Partner, sebuah perusahaan intelegensi pasar dan App Annie menyebutkan bahwa pasar game di Asia Tenggara mampu meraih pendapatan hingga 784 USD di tahun 2014. Di Asia tenggara ada tiga negara yang memiliki pertumbuhan game tercepat yaitu Indonesia, Thailand, dan Vietnam (http://infoklasika.print.kompas.com/pasar-game-di-indonesia/).

Ketika provider seluler membidik gamers sebagai pasar internet yangpotensial

McKinsey Global Institute pernah memproyeksikan pertumbuhan pengguna internet sebesar 20 persen per tahun, dan pada 2016 pengguna internet di Indonesia akan mencapai 100 juta orang. Peningkatan jumlah pengguna internet juga berdampak pada pengguna game di Indonesia. Karena sangat banyak pengguna smartphone di Indonesia, dan rata-rata pengguna smartphone menggunakan smartphone mereka untuk game.

Kebutuhan gamers akan perangkat elektronik untuk bermain game


Gamers profesional atau gamers yang hanya untuk menghibur diri memiliki kebutuhan khusus untuk bisa memainkan game mereka. Untuk bermain games tidak bisa menggunakan komputer, laptop, atau gadget yang memiliki spesifikasi yang standart. Bermain game membutuhkan perangkat yang canggih dan berkualitas karena hal itu menentukan kualitas kecepatan, tampilan, dan performa game yang dimainkan.

Apalagi seorang gamers profesional, mereka menjadikan game sebagai passion mereka dan game sebagai pekerjaan utamanya. Jika mereka tidak bisa memainkan game dengan performa yang bagus, maka itu akan menghambat pekerjaan mereka.

Bahkan saat ini banyak penyedia game di smartphone terutama di Google Play Store yang memberikan spesifikasi gadget yang bisa menginstall game mereka. Semakin bagus game, biasanya membutuhkan gadget dengan spesifikasi yang tinggi. Mulai dari versi Android yang digunakan, RAM pada smartphone, layar smartphone, dan sebagainya.

Hal ini banyak dimanfaatkan perusahaan dalam menyediakan gadget dengan spesifikasi spesial untuk gamers. Mulai komputer, laptop, smartphone, dan sebagainya yang memiliki spesifikasi spesial untuk gamers.

Kebutuhan gamers akan internet


Kebutuhan gadget atau perangkat untuk gamers bukan menjadi fokus pembahasan dalam artikel ini. Tapi saya tertarik dengan salah satu provider seluler di Indonesia yang membidik pasar gamers untuk produk internet mereka.

Nah, perlu diketahui games saat ini terintegrasi dengan internet. Karena pengguna game tidak hanya bermain game untuk kesenangan saja, tapi juga berkompetisi dengan pengguna game yang lainnya.

Memang masih ada game yang bisa dimainkan secara offline, tapi menurut saya game offline hanya bisa dimainkan sendiri, tidak ada spesialnya bermain game melawan mesin komputer atau smartphone. Tapi ada sensasi berbeda ketika bermain games dengan melawan banyak orang dari seluruh dunia.  Untuk melawan pengguna game di seluruh dunia, kita memerlukan koneksi internet agar bisa terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia.

Ada kepuasan ketika memenangkan game atau mengalahkan pengguna game dari seluruh dunia. Itulah alasan mengapa gamers menyukai game yang bersifat online dibandingkan dengan game offline.

Iklan Telkomsel dengan Nixia


Ternyata peluang gamers tersebut mampu dibaca oleh Telkomsel yaitu salah satu perusahaan seluler di Indonesia. Ketika saya melihat TV Nasional, saya sering melihat iklan pengalaman gamers dalam memenangkan kompetisi games. Iklan tersebut adalah iklan Telkomsel yang mempromosikan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Saya menganalisa mengapa Nixia dijadikan sebagai iklan? Monica atau yang dikenal dengan Nixi adalah gamers wanita profesional di Indonesia dan CEO dari Nixiagamer. Nixia membuat website sebagai media archive dan sharing informasi tentang gaming, event, hardware, dan gadget. Dengan kemampuannya dalam gaming yang membuatnya terkenal, Nixia akhirnya mendapatkan banyak sponsor (http://nixiagamer.com/profile). Nixia sangat dikenal di Indonesia sebagai gamers dan terkenal juga di komunitas gamers di Indonesia. Hal ini akhirnya menjadikan Nixia untuk tampil dalam iklan Telkomsel di TV Nasional Indonesia.

Dengan menjadikan Nixia sebagai iklan yang menayangkan tentang bagaimana Nixia berprestasi dan memenangkan berbagai turnamen game, hal itu akan mampu menarik pasar gamers untuk menggunakan layanan internet yang cepat dan stabil. Karena internet yang cepat dan stabil memang sangat dibutuhkan oleh gamers.

Meski harga internet Telkomsel lebih mahal, hal itu tidak akan menjadi masalah bagi para gamers. Berdasarkan survey, gamers bersedia dan mampu membeli produk dengan harga yang mahal. ( https://www.thinkwithgoogle.com/articles/why-gamers-should-be-part-your-audience-strategy.html)

Dari hal tersebut kita bisa mengetahui bahwa potensi pasar gamers tidak hanya untuk produsen hardware komputer, laptop, gadget, dan sejenisnya. Tapi juga perusahaan seluler pun menjadikan pasar gamers sebagai target untuk menjual layanan internet mereka.

http://proandik.blogspot.com/2016/01/when-cellular-provider-targeting-gamers-as-potential-internet-market.html

Terima kasih, jika pembaca ada pendapat lain silakan komentar di kotak komentar.