Kegiatan untuk melatih kedisiplinan pada remaja

Kegiatan untuk melatih kedisiplinan pada remaja : Disiplin diri adalah sifat yang harus dikembangkan sejak dini. Hal ini penting untuk semua masyarakat karena penuh dengan aktivitas yang kompleks, penuh tekanan, dan tantangan. Jika Kamu ingin menjadi orang dewasa yang sukses, maka harus mengembangkan disiplin sejak dini, terutama untuk anak-anak remaja. Tapi aktivitas apa yang mampu melatih kedisiplinan pada diri remaja?

Kegiatan untuk melatih kedisiplinan pada remaja

Banyak orang yang mempercayai bahwa menerapkan kedisiplinan merupakan hal yang sangat sulit. Hal tersebut memang benar, tapi ada cara yang mampu melatih disiplin pada anak muda atau remaja. Bagaimana seseorang yang dianggap disiplin? Nah dengan menceritakan bagaimana itu perilaku disiplin dan juga memberikan contoh-contoh disiplin kepada anak merupakan cara yang sangat baik. Kemudian amati seorang anak ketika orang tua atau pengasih tidak mengawasinya. Kedisiplinan yang diceritakan oleh orang tua biasanya dilakukan oleh anak sebagai cerminan apa yang ada dipikiran mereka, meskipun tanpa pengawasan orang tua ataupun pengasuhnya.

Ketika masa remaja, maka Kamu akan banyak diharapkan misalnya oleh orang tua, keluarga, atau orang-orang dekat. Oleh karena itu jangan kecewakan mereka, dan tunjukan kepada orang lain bahwa Kamu itu orang yang disiplin dan bertanggungjawab.

Jika Kamu merupakan bagian atau anggota kelompok tertentu, maka Kamu dapat berpartisipasi dalam kegiatan kelompok. Jika Kamu tidak diterima dalam pergaulan  atau sulit menyesuaikan dengan teman-teman sebaya, maka cara terbaik yang menjadi pilihan adalah dengan bergabung dengan kelompok pemuda. Kelompok pemuda atau remaja biasanya dengan senang hati menerima orang baru untuk bergabung. Tapi sebagai anggota kelompok, harus mau dan bisa sharing dengan teman-teman atau anggota kelompok, Misalnya berbagi masalah dan solusi untuk dibahas bersama.

Kamu harus menyadari masalah bahwa Kamu memang seorang yang tidak disiplin karena dengan itu teman-teman dalam kelompok pemuda atau remaja bisa membantu Kamu. Kamu harus bersedia dan mau merubah diri untuk menjadi lebih disiplin, sehingga bantuan yang diberikan oleh kelompok tidak menjadi suatu hal yang sia-sia. Beberapa kegiatan yang disiapkan kelompok remaja atau pemuda bisa mengajarkan kedisiplinan anggotanya. Kamu berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diadakan, sehingga hal ini dapat membantu diri Kamu menjadi lebih disiplin.

Misalnya permainan kelompok yang biasanya membutuhkan kerja tim untuk melakukannya. Hal ini memang menyenangkan untuk dilakukan, karena dengan melakukan permainan kelompok tersebut bisa membantu anggotanya untuk lebih terhibur dan relaks. Melalui permainan anak, para anggota akan belajar untuk mengendalikan diri. Jika Kamu ingin “diterima” dalam kelompok, maka Kamu tidak seharusnya menunjukan perilaku yang kontradiktif atau bertentangan dengan kelompok Kamu. Persepsi negatif sering mengakibatkan perilaku yang tidak terkontrol, agresivitas, dan kemarahan. Kamu akan belajar untuk mengendalikan diri dan dengan berbagai permainan remaja bisa membantu lebih banyak.

Permainan olahraga dapat menguji kedisiplinan diri sebagai anggota kelompok. Sebagai individu yang disiplin, Kamu tidak akan melakukukan hal yang bisa menyebabkan kesalahpahaman dan pertengkaran. Misalnya Kamu akan bermain curang untuk sebuah kemenangan. Kamu hanya akan melakukan “aksi” yang bisa diterima sehingga anggota kelompok yang lain bisa menerima kehadiranmu.

Jadi, jika Kamu tidak diterima ketika bergaul dengan teman-teman sebaya yang tidak bisa menerima kelemahan Kamu. Maka ketika itu mulailah bergabung dengan kelompok pemuda atau remaja. Banyak kelompok pemuda dan remaja yang tersebar luas di Indonesia, sehingga Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan diri Kamu. Pastikan bahwa Kamu memilih kelompok pemuda yang benar dan memberikan dampak positif sehingga Kamu tidak merasakan tekanan apapun ketika mengikuti kegiatan di dalamnya.

Kamu juga harus meminta dukungan orang tua Kamu. Dengan begitu, mereka akan mengetahui apa yang Kamu lakukan. Menjadi anggota kelompok pemuda atau remaja akan membantu Kamu menjadi lebih dewasa dengan waktu yang efesien.

2 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon