Dampak transportasi terhadap pemanasan global

Dampak transportasi terhadap pemanasan global : Transportasi memang penting untuk manusia. Banyak orang yang menggunakan transportasi untuk bepergian misalnya pulang pergi ke tempat kerja, perjalanan untuk liburan, mudik atau pulang kampung, dan sebagainya. Dalam artikel ini akan disajikan informasi tentang dampak ketergantungan kita pada transportasi dan hubungannya dengan global warming.

Ketika mempelajari pemanasan global, Anda akan menemukan bahwa hal itu didefinisikan sebagai naiknya temperatur bumi karena peningkatan emisi gas rumah kaca. Meskipun semua kendaraan bermotor dijalan memiliki dampak negatif pada pemanasan global dan lingkungan, namun sebenarnya itu bukanlah satu-satunya penyebabnya. Tapi dengan mengetahui hal tersebut, keterkaitan transportasi dengan pemanasan global harus tetap dibahas. Banyak yang menyatakan bahwa berkurangnya satu kendaraan bermotor mampu mengurangi emisi karbon sebanyak tujuh hingga 800 pounds.

Dampak transportasi terhadap pemanasan global


Meskipun ada bukti yang menunjukan bahwa kendaraan kita memiliki dampak negatif juga pada planet ini dan banyak yang mengetahuinya, tapi sebagian besar juga tetap terus mengendarai kendaraan bermotor kemana-mana. Mengapa demikian? Hal ini sebagian besar disebabkan kesalahpahaman yang sudah umum terjadi. Banyak pengendara yang percaya bahwa mereka dengan membeli kendaraan baru atau keluaran terbaru mampu menghemat energi. Memang ada benarnya juga, cara tersebut adalah cara terbaik untuk mengurangi karbondioksida di atmosfer bumi. Tapi yang membuat keputusan itu tidak satu orang, tapi ribuan orang. Jika dikalkulasi, hasilnya juga sama yaitu produksi pencemaran yang besar.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Anda tidak harus meninggalkan kendaraan lama Anda untuk peduli terhadap pemanasan global. Tapi lebih bijak jika mengurangi penggunaan kendaraan bermotor Anda. Apakah tempat tinggal Anda terjangkau transportasi umum? Atau tempat kerja Anda bisa dicapai hanya dengan jalan kaki? Jika jawaban Anda ya, mungkin Anda perlu untuk meninggalkan kendaraan pribadi Anda dirumah. Dengan hal itu menjadi solusi bahwa Anda tidak harus bergantung pada kendaraan pribadi Anda. Misalnya Anda perlu ke supermarket, coba ajak teman atau keluarga Anda bersama-sama naik kendaraan umum.

Dalam penggunaan kendaraan, disarankan Anda selalu atau rutin memeriksa kendaraan Anda. Misalnya apakah filter udara perlu diubah? Apakah ban kendaraaan perlu di tambah angin? Dan sebagainya. Hal tersebut sebenarnya mampu mengurangi pemanasan global. Banyak ahli yang menyarankan mengubah filter udara paling tidak sebulan sekali.  Dengan memeriksa kondisi ban dan memastikan mampu berjalan dengan baik, maka akan memperlancar kendaraan dan cepat sampai tujuan, sehingga dengan cepat sampai itulah kendaraan Anda tidak akan berlama-lama mengeluarkan polusi.

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi emisi karbondioksida dari kendaraan adalah dengan upgrade kendaraan. Jika Anda mengendarai kendaraan tua, Anda mungkin perlu untuk meningkatkan atau memperbaruinya. Ada sejumlah kendaraan hemat energi yang harganya cukup terjangkau yang bisa menjadi pilihan Anda. Bahkan jika Anda kurang yakin untuk membeli mobil atau kendaraan baru yang tidak sesuai dengan budget Anda, maka Anda mungkin masih bisa melihat banyak produk kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan yang sesuai dengan budget Anda. Banyak konsumen yang terkejut dengan kendaraan hemat energi dengan teknologi hybrid yang terjangkau.

Dari semua itu,  semoga Anda bisa membantu mengatasi jumlah karbondioksida yang ada di atmosfer bumi dimulai dari penggunaan kendaraan Anda. Dengan hal itu, yang penting untuk diingat bahwa banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah pemanasan global, jika tidak bisa ikut menanam pohon, minimal bisa menggunakan kendaraan dengan bijak.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars