Bagaimana cara berpikir Out Of The Box? Pelajari hal berikut ini

Cara berpikir Out Of The Box - Ketika seorang inovator berbicara tentang berpikir out of the box, mereka berarti kreatif dalam memecahkan masalahnya, dan menggunakan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu. Bagaimana mereka bisa melakukan hal tersebut? Apakah Anda bisa melakukannya juga? Pertama kita harus bertanya apa sebenarnya yang dimaksud dengan box atau kotak  itu sendiri. Kemudian kita dapat mengetahui bagaimana keluar dari kotak atau box.

Bagaimana cara berpikir Out Of The Box


The Box dalam hal ini adalah cara normal atau yang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang secara umum. Hal ini mengasumsikan bahwa semua orang bisa melakukan atau membuatnya. Cara terbaik untuk berpikir out of the box adalah dengan mengidentifikasi dan membuat tantangan terhadap asumsi yang membuat pikiran terkotak.


Misalnya salah satu brand minuman yang sempat goyah, dan mereka tidak bisa meningkatkan penjualannya. Mereka melakukan penurunan harga, memperbaiki place marketing yang merupakan cara yang terlalu mainstream atau cara lama atau cara berpikir yang terkotak. Kemudian seseorang memberikan tantangan yang berbeda dengan asumsi secara umum, dengan menanyakan bagaimana jika berhenti promosi dan hanya menaikan harganya lagi?

Hal ini dikarenakan oleh konsumen tidak mau membeli produk yang mahal, dan juga tidak mau membeli produk yang murah. Sehingga mereka membeli produk yang harganya ditengah-tengah. Dengan begitu bisa meningkatkan penjualan, dan itu merupakan contoh out of the box.

Membuat tantangan dari asumsi biasa atau Mencari cara lain yang berbeda dengan cara umumnya adalah teknik pemecahan masalah yang kreatif. Namun, harus diperhatikan juga cara kreatif untuk hal yang positif bukan mencari jalan pintas untuk hal-hal negatif. Dalam hal ini yang sulit adalah mengidentifikasi asumsinya. Misalnya jika Anda merancan sepeda motor baru, maka tuliskan asumsi seperti kecepatannya, bisa bergerak dengan bensin, dan perlu roda dua. Namun untuk bisa kreatif, tidak hanya membutuhkan hal tersebut, tapi juga bagaimana mencoba keluar dari asumsi tersebut. Misalnya orang menemukan sepeda motor tanpa roda atau roda tiga yang bisa bergerak dengan listrik.

Cara lain agar bisa mendapatkan solusi yang kreatif adalah beramsumsi atau berpikir yang tidak masuk akal. Hal ini bisa menjadi hal yang menyenangkan dan juga menjengkelkan, tergantung bagaimana Anda bisa berpikir terbuka. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat asumsi yang tidak masuk akal, kemudian menjawab atau menemkan solusi dari asumsi yang tidak masuk akal tersebut.

Cara lain mendapatkan ide kreatif adalah berpikir out of the box. Coba keluar dari rumah atau kantor Anda, dan amati apa yang dilakukan orang lain. Misalnya di dalam bis ada orang yang berjualan dengan membagikan barang jualannya ke semua penumpang bis, dan membiarkan barang dagangannya di bawa oleh penumpang selama beberapa saat. Cara tersebut cukup efektif, karena penumpang bisa bisa melihat-lihat dahulu, mempelajari tentang barang yang dipegang, jika tertarik maka akan dibeli. Kemudian barang yang sudah dibagikan diambil lagi, dan coba lihat berapa orang yang membeli produk atau barang dagangannya.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars
Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars