Apa saja yang perlu diketahui dalam blog marketing ?

Yang perlu diketahui dalam blog marketing : Pemasaran melalui blog secara online bisa menjadi hal yang sulit dan membingungkan jika hal ini pertama kali dilakukan. Namun, bagi yang sudah berpengalaman dalam blog marketing maka hal ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. 

Apa saja yang perlu diketahui dalam blog marketing ?


Siapapun yang sudah akrab dengan blog marketing pasti sudah mengetahui bahwa dalam melakukannya perlu dedikasi, kerja keras, dan konsistensi yang tinggi. Bagi seseorang yang hanya fokus menjual dagangan mereka, tanpa paham dasar pemasaran dan juga tidak pernah menggunakan blog. Mereka akan menganggap blog marketing adalah pekerjaan yang sia-sia dan tidak mendapatkan bayaran atau minimal balik modal atas biaya yang dikeluarkan. Namun, hal itu tidak akan terjadi ketika mengetahui bahwa pemasaran adalah suatu proses yang perlu dibangun dengan kerja keras dan tidak bisa instan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam memasarkan suatu blog dan menjadikannya mampu dilihat oleh orang di seluruh dunia. Salah satu hal penting dalam blog marketing adalah dengan berkunjung blog lain yang sesuai dengan konten yang dibahas dalam blog Anda dan meninggalkan komentar di blog tersebut. Melakukan hal ini dengan tujuan untuk memperkenalkan blog Anda kepada pengunjung blog lain. Dan sebagai hasilnya Anda akan mendapatkan visitor atau pengunjung baru yang akan membaca konten blog Anda. Untuk melakukan hal ini mungkin cukup mebingungkan pada awalnya, tapi setelah terbiasa maka Anda akan bisa menguasai teknik ini.

Dengan Update posting blog secara teratur adalah cara untuk mendapatkan pembaca baru. Bayangkan, siapa yang mau membaca blog yang tidak pernah di update? Bisa dipastikan tidak ada yang mau membaca postingan lawas. Jadi saatnya menyajikan pembaca blog Anda tentang apa yang mereka inginkan dari konten Anda dan sajikan terus menerus konten yang fresh. Postingan bisa di update harian, mingguan, atau dua minggu sekali, hal ini harus dilakukan dengan konsisten. Dengan cara ini pembaca dan pengunjung blog Anda akan mengetahui seberapa sering Anda memeriksa blog dan mengupdate konten Anda.

Mengetahui sumber atau asal pengunjung tiap harinya. Mengetahui cara search engine memberikan pengunjung blog Anda adalah penting untuk dilakukan. Coba mencari tahu kata kunci apa yang mampu mengarahkan penggguna internet untuk mengunjungi blog Anda. Jika Anda sudah mengetahuinya, gunakan hal ini untuk meningkatkan pengunjung website Anda. Menulis lebih banyak konten dengan kata kunci tertentu akan membantu Anda mendatangkan visitor dari search engine.

Ibarat seorang penjaga toko atau warung, jika mereka tidak ramah dalam melayani  maka pembeli tidak akan datang lagi. Jika ada seseorang meninggalkan komentar di blog Anda, maka berikan respon yang positif kepada mereka dengan membalas dengan baik. Tidak ada orang yang ingin berbicara sendiri atau ngomong dewe, maka dari itu coba menyediakan waktu untuk membalas komentar dari pengunjung blog Anda. Sebaliknya jika Anda memiliki banyak komentar yang tidak dijawab, kemungkinan besar Anda tidak akan pengunjung atau mereka tidak kembali lagi karena bisa jadi mereka kecewa atas komentar yang tidak dibalas.

Dalam marketing juga ditunjang dengan adanya jaringan atau juga relasi. Dengan berteman dengan blogger lain, bisa menambah jaringan dan wawasan bagaimana mereka mendapatkan pengunjung blog mereka. Selain itu bertukar ide dengan blogger lain yang lebih sukses adalah ide yang bagus untuk dilakukan selain menambah teman. Bahkan hal ini tidak harus dilakukan secara online, tapi juga bisa dilakukan kopdar atau ketemu secara langsung dengan para blogger lain.

Jika Anda kebetulan mengutip artikel dari sumber lain atau blog lain, jangan lupa mencantumkan link sumber artikel yang di kutip, hal ini untuk menghindari plagiarisme. Mencuri konten orang lain juga merupakan cara yang buruk dalam blog marketing.

Blog marketing merupakan cara yang mampu untuk meningkatkan penjualan bisnis atau memasarkan produk, serta mendapatkan pendapatan dengan iklan. Gunakan cara yang etis untuk mendapatkan traffic blog Anda dan bersabar hingga memanen hasilnya.