Apa saja yang perlu diketahui dalam affiliate marketing ?

Affiliate marketing mungkin terdengar mudah, tapi Anda perlu berhati-hati dengan beberapa hal. Anda perlu menghindari perangkat affiliate marketing yang bisa merusak bisnis Anda dan bahkan bisa menjadi lebih buruk.

Apa saja yang perlu diketahui dalam affiliate marketing ?


Orang-orang cenderung bersemangat ketika baru memulai usaha baru. Sayangnya kegembiraan dan hasrat mereka bisa menyebabkan mereka kehilangan hal-hal penting, seperti tidak membaca syarat dan ketentuan ketika bergabung dalam program affiliate marketing. Setiap kali Anda mendaftarkan diri dalam suatu program affiliate marketing, maka Anda akan diharapkan menyetujui perjanjian atau agreement. Syarat dan ketentuan dari perjanjian bagi kedua belah pihak harus benar-benar detail dan terperinci. Namun jika ingin bermain curang maka dengan hal ini sebenarnya bisa saja dilakukan. Sehingga perlu menjadi catatan agar selalu menyempatkan waktu untuk mempelajari semua syarat dan ketentuan affiliate marketing yang diikuti. Jangan hanya mencentakn atau menyetujui syarat dan ketentuan / Term and conditions,  tanpa memahaminya terlebih dahulu.


Jika Anda mendaftar program affiliate marketing, maka Anda perlu memahami bagaimana bentuk pendapatan Anda. Hal ini bisa menjadi kelemahan karena bisa dicurangi melalui kontrak atau syarat  & ketentuan. Pemilik toko online bisa saja mengeluarkan biaya iklan 5–10% untuk komisi tapi hal itu juga tergantung pada bagaimana mereka mengartikan pendapatan. Kebanyakan program affiliate marketing akan menghitung komisi atau fee dari nilai penjualan yang berhasil dilakukan. Dengan kata lain, jumlah uang untuk pemilik website akan diberikan ketika penjualan berhasil. Namun Anda harus membaca dan memahami lagi isi dari syarat dan ketentuannya dengan sangat detail. Kadang ada yang memberlakukan penjualan yang dimaksud tidak termasuk penggunaan kartu kredit/debit. Kemudian juga penjualan tidak termasuk biaya pengiriman atau biaya tambahan lainnya.

Beberapa program affiliate marketing bahkan ketat dalam mengartikan pendapatannya. Komisi atau fee Anda mungkin berdasarkan pada margin laba dari produk yang dijual. Misalnya Anda membantu menjual buku 20 dolar, tapi perusahaan hanya untung 10 dolar. Maka Anda harus menerima prosentasi fee atau komisi dari 10 dolar, bukan 20 dolar. Hal ini bisa mempengaruhi pendapatan Anda dan tidak jarang membuat orang kapok. Oleh karena itu, sekali lagi coba pahami secara detail syarat dan ketentuannya.

Kemudian anda bisa memastikan alat pembayaran apa yang digunakan untuk menerima komisi atau fee? Hal ini perlu dilakukan ketika Anda mengikuti program affiliate marketing luar Indonesia. Biasanya pembayaran komisi atau fee menggunakan paypal, tapi ada juga yang hanya memberlakukan penggunaan kartu kredit atau debit untuk pembayaran. Ketika menggunakan paypal, maka Anda bisa mungkin bisa dengan mudah melakukannya. Tapi jika yang berlaku hanya transfer antar kartu kredit/debit maka Anda akan sulit mencairkannya. Hal ini dikarenakan umumnya kartu kredit atau debit yang dikeluarkan bank di Indonesia tidak bisa digunakan untuk transaksi internasional.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars