Apa itu brand identity? Simak penjelasannya berikut ini

Brand identity adalah ibarat sebuah janji.  Yaitu sesuatu yang diberikan suatu bisnis kepada pelanggannya agar berharap hal-hal tertentu. Entah janji itu berupa kualitas produk, layanan, harga, atau berbagai hal lain yang bervariasi dari suatu brand. Tapi satu hal yang umum yang terjadi pada semua brand adalah kebutuhan untuk menjadi brand yang kuat.

Apa itu brand identity ?

Mengapa brand sangat penting?


Suatu brand yang kuat mampu memposisikan atau memenangkan suatu perusahaan dalam suatu kompetisi tertentu. Tapi menjadi brand yang kuat juga membutuhkan waktu, dana, dan usaha keras untuk mengembangkannya. Hal ini tidak sesederhana hanya dengan membuat desain logo atau membuat tagline. Brand identity merupakan hal yang ditawarkan suatu bisnis kepada pelanggannya, agar memilih produk atau layanannya dan tidak memilih pesaing bisnisnya.


Pentingnya re-branding dalam bisnis


Re-branding yang sukses dilakukan dengan evolusi bukan revolusi, maksudnya adalah dengan proses panjang bukan cara instan.  Anda harus membangun kesan yang kuat kepada pelanggan Anda baik yang sudah ada ataupun pelanggan baru Anda. Tapi juga ada efek negatif ketika gagal dalam melakukan rebranding yaitu bisa menghancurkan ikatan emosional atau loyalitas pelanggan.


Membangun brand dalam pemasaran


Memiliki brand yang menyesuaikan dengan target pasar adalah suatu hal yang sangat penting, tapi juga tidak harus mengorbankan orang-orang internal perusahaan atau bisnis Anda. Orang-orang dalam perusahaan bisa menjadi duta brand atau brand ambassador bisnis Anda. Apakah karyawan Anda percaya dengan perusahaan Anda? Apakah mereka merasa seperti menjadi bagian penting dalam keberhasilan perusahaan? Perusahaan yang memiliki brand yang kuat bisa dikatakan mampu menjawab “ya” atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bisakah Anda melakukannya? Jika tidak, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  • Tempatkan semua unsur perusahaan dalam tempat yang sama. Hal ini memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Biarkan semua departemen atau bagian perusahaan Anda berbicara dan saling memahami antara satu dengan yang selainnya.
  • Jadikan semua orang sebagai brand ambassador. Berikan semua orang pemahaman umum tentang perusahaan, tentang misinya dan kedudukan mereka yang penting dalam mencapai misi tersebut. Jadikan mereka seperti memiliki atau bekerja pada perusahaan mereka sendiri.
  • Memperkuat nilai dan perilaku brand. Untuk melakukan ini, gunakan kelengkapan Anda seperti komunikasi internal. Lakukan hal tersebut seperti membangun tim yang kuat, hingga orang-orang dalam perusahaan memiliki kebanggan dan ikut mempromosikan secara alamiah.

Karyawan Anda pada akhirnya akan menentukan keberhasilan atau kegagalan. Hal itu menjadi alasan mengapa sangat penting memiliki karyawan yang menginternalisasi brand perusahaan Anda. Namun hal tidak harus dengan menggunakan cara paksaan. Anda sebagai pemimpin harus bisa melakukannya tanpa harus memaksa. Ketika Anda melakukannya dengan baik dan tanpa memaksa, maka Anda akan memiliki perusahaan dengan suasana menyenangkan, dan memiliki brand ambassador yang termotivasi.

1 comments so far

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon