Fakta menarik dibalik sebuah blog dan tips blogging

Saya tidak menyampaikan tips blogging terkait dengan meningkatkan pengunjung blog, meningkatkan pendapatan, cara membuat konten yang berkualitas. Meski demikian, tips blogging yang saya tulis ini sangat penting dan bahkan lebih penting dari semuanya, karena jika hal ini tidak dilakukan maka sia-sia semua yang dilakukan para blogger.

Fakta menarik dibalik sebuah blog dan tips blogging


Dengan adanya blog dunia internet menjadi ramai, karena tidak hanya berisi website jual beli saja tapi juga banyak yang menyajikan informasi bermanfaat dan menarik bagi pengguna internet. Berbagai topik yang dibahas melalui blog mulai informasi ringan hingga informasi yang berat, informasi anak-anak hingga orang dewasa, dan banyak hal.

Kalau mendengar curhatan pada blogger di komunitas misalnya group blogger di facebook dan berbagai komunitas blogger di seluruh dunia, banyak yang menyampaikan bahwa mereka harus rutin dalam update informasi atau konten blog mereka. Bahkan ada juga yang harus begadang tiap malam untuk blog mereka. Begitu luar biasa kerja keras mereka. Mengapa mereka begitu luar biasa seperti itu? Karena mereka memiliki harapan dari apa yang dilakukan. Tak sedikit yang menjadikan blog untuk mencari nafkah untuk dirinya atau keluarganya. Sehingga kalau dilihat perjuangannya hingga berdarah-darah seperti itu mungkin bisa dianggap suatu hal yang wajar.

Nah, tahukah Anda bagaimana aktivitas Blogger secara umum?


Anda mungkin membaca informasi di internet dengan senang karena mendapatkan informasi bermanfaat ataupun informasi yang Anda butuhkan. Tapi pembuatan artikel atau penyajian informasi tersebut tidak semudah yang dilakukan oleh pembaca, karena orang yang menyajikan informasi tersebut berpikir keras bagaimana artikel atau informasi yang disajikan bisa menarik dan juga disukai oleh pembacanya.

Para blogger profesional khususnya, mereka harus bergelut dengan laptop ataupun komputer untuk merawat blog atau websitenya. Tidak hanya satu atau dua jam saja, mungkin mereka mengalokasikan waktu seperti pekerja atau karyawan pada umumnya, misalnya 8 jam per hari. Itupun kalau normal, tapi banyak juga yang “kurang normal” karena harus menghabiskan sebagian besar waktunya atau lebih dari 8 jam dihadapan komputer atau laptop.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tips pertama untuk hal ini adalah harus menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan oleh mata adalah organ tubuh yang sangat penting, meskipun semua organ juga sangat penting. Tapi karena para blogger harus berhadapan dengan komputer atau laptop selama berjam-jam setiap hari, hal tersebut bisa berdampak buruk pada mata mereka.

Dilansir dari safetysign.co.id, jika berlebihan atau terlalu lama di depan komputer ataupun laptop bisa mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh. Akibatnya jika hormon melatonin berkurang akan terjadi sakit kepala, pusung, keletihan, dan insomnia. Selain itu juga pupil mata akan lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang terang dari desktop PC atau laptop. Dari sumber yang sama juga menyatakan dalam jangka panjang bisa berdampak pada terjadinya katarak.

Cara menjaga kesehatan mata ketika sering menggunakan laptop ataupun komputer adalah


    • Gunakan pelindung layar untuk menjaga agar cahaya tidak langsung mengenai mata

    • Kemudian kurangi cahaya pada layar agar tidak terlalu terang, sehingga mata tidak terkena cahaya yang terlalu terang sehingga mata tidak cepat lelah.

    • Jangan menggunakan komputer di tempat yang sedikit cahaya. Penggunaan komputer atau laptop dilokasi yang cahayanya lebih sedikit dibanding dengan cahaya layar laptop atau komputer juga tidak baik, karena hal ini akan mengakibatkan mata akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya dan yang pasti akan cepat lelah. Jika ingin membuktikan, silakan dicoba menggunakan laptop atau PC di tempat yang kurang terang.

    • Dan yang penting adalah mata butuh istirahat juga, sehingga jangan berjam-jam melihat layar laptop atau komputer. Misalnya tiap 1 jam mata harus istirahat beberapa menit.


  • Berolahraga secara teratur


Tips yang kedua adalah menjaga kesehatan dengan olahraga. Para blogger jika sudah fokus dengan komputer bisa dipastikan yang akan fokus bekerja adalah tangan dan jari-jari mereka, karena  digunakan pada keyboard laptop atau komputer, serta digunakan untuk memegang mouse. Dan yang pasti sudah dibahas sebelumnya, yaitu penggunaan mata untuk melihat monitor serta kadang telinga yang harus mengenakan headset.

Fokus semua adalah pada komputer atau laptop, dan hal ini akhirnya membuat badan kurang gerak.  Tahukah Anda berdasarkan penelitian Univesitas Cambridge, 676 ribu kematian tiap tahun terjadi karena kurang gerak. Sedangkan kematian karena obesitas mencapai angkat 337 ribu kasus. Hal ini membuktikan bahwa kurang gerak jauh lebih berbahaya dari obesitas. (sumber : bbc.com)

Nah solusi yang bisa digunakan untuk para blogger yang kurang gerak bisa rutin berolahraga, paling tidak 30 menit dalam sehari. Dilansir dari bbc.com juga, para ahli menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama 20 menit bisa mengurangi resiko kematian.

Kemudian jika memang harus berjam-jam berhadapan dengan laptop ataupun komputer, maka bisa melakukan peregangan tubuh misalnya beberapa menit dalam satu jam.

  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat



Soal makanan atau minuman sehat ini sebenarnya relatif, karena bisa saja ada blogger yang karena fokus di komputer atau laptopnya sehingga makan makanan yang tidak sehat seperti mie instan, minum kopi berlebihan, gorengan dan sebagainya Tapi ada kemungkinan juga yang tersedia makanan atau minuman sehat.

Meski demikian menjaga konsumsi makanan dan minuman sehat juga sangat penting, karena hal ini menunjang kesehatan pada jangka panjang. Karena penyakit bisa terjadi salah satunya karena investasi makanan atau minuman yang tidak sehat yang telah dikonsumsi.

Untuk tips lebih detail makanan dan minuman sehat yang harus dikonsumsi, mungkin bisa browsing sendiri. Dan jika ada yang ingin menambahkan tips yang lebih bermanfaat, silakan komentar dibawah.  Terima kasih dan semoga bermanfaat.

2 comments

Visitor Rating: 5 Stars

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon