6 Tips bijak dalam membeli laptop baru dengan harga terjangkau


6 Tips bijak dalam membeli laptop baru


6 Tips bijak dalam membeli laptop baru : Membeli laptop merupakan suatu keputusan yang butuh pengeluaran yang cukup besar. Karena itu, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak memberatkan dan menjadi keputusan yang bijak. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa membantu Anda dalam membeli laptop.

  • Ukuran laptop

Membeli laptop memang perlu beberapa pertimbangan. Pertimbangan yang pertama adalah ukuran dan berat laptop. Seberapa sering Anda membawa laptop Anda? Intensitas membawa laptop akan membantu menentukan ukuran dan berat laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering membawa laptop, jenis laptop yang ringan dan ukuran tidak terlalu besar mungkin bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda.

Keyboard merupakan hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop. Ukuran keyboard juga penting, karena laptop yang besar biasanya memiliki ukuran keyboard yang besar. Namun perlu diingat bahwa ukuran keyboard dalam hal ini menyesuaikan dengan ukuran jari Anda. Misalnya memilih laptop kecil dan ringan, dengan keyboard yang kecil pula. Disisi lain, ukuran jari Anda lebih besar dari pada tombol keyboard. Maka hal itu bisa menghambat Anda dalam penggunaan laptop.

  • Mouse

Laptop biasanya dilengkapi dengan touch pad sebagai pengganti mouse, dimana touch pad tersebut bisa digerakan dengan menggunakan jari. Sebagian orang tidak nyaman dengan adanya touch pad dan kesulitan dalam menggunakannya. Sehingga, sebelum membeli laptop maka coba tanyakan apakah Anda mendapatkan mouse juga. Jika Anda memang mendapatkan mouse maka coba mencoba yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Wireless

Laptop keluaran terbaru umumnya di lengkapi dengan wireless yang memungkinkan penggunanya bisa mengakses internet dengan jaringan wireless atau di area wifi. Hal ini karena banyak pengguna laptop yang mencari jaringan wifi untuk mengakses internet. Yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan fungsi wireless dan tinggal disambungkan ke wifi yang tersedia. Hal ini tergantung pada kebutuhan Anda, sehingga pilih laptop yang dilengkapi dengan wireless.

  • Port USB

Perangkat tambahan yang perlu dihubungkan dengan laptop biasanya membutuhkan port USB sebagai colokan penghubung. Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah laptop yang Anda beli memiliki port USD yang mencukupi atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Perangkat yang membutuhkan port USB biasanya printer, scanner, kamera digital, dan sebagainya.

  • Port Proyektor

Biasanya laptop digunakan untuk presentasi dan menampilkan apa yang dipresentasikan pada suatu proyektor. Selain presentasi juga bisa digunkan untuk hiburan misalnya menonton film yang bisa di hubungkan ke proyektor. Untuk menghubungkan ke proyektor tersebut diperlukan port proyektor  khusus untuk menghubungkan laptop ke proyektor, sehingga yang tampil di laptop bisa muncul di layar proyektor.

  • Sesuaikan dengan anggaran Anda

Nah, yang penting yaitu membeli laptop sesuai dengan anggaran atau kondisi keuangan Anda. Anda harus berhati-hati agar tidak membuang-buang uang Anda. Langkah pertama yaitu buat anggaran yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Ketika menemukan laptop yang sesuai dengan Anda, maka jangan buru-buru membelinya. Tunggu sehari atau dua hari untuk menyesuaikan anggaran Anda dan apa yang Anda butuhkan. Kemudian jika sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, maka beli lah laptop.

Biasanya banyak toko baik toko fisik atau merchant online yang menawarkan kredit tanpa bunga dalam pembelian laptop atau barang elektronik lain, yang bisa dicicil dalam jangka waktu tertentu. Hal itu mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk menjaga kondisi keuangan Anda.

1 comments so far

Visitor Rating: 5 Stars


EmoticonEmoticon