4 Alasan mengapa google adsense penting untuk website berbasis konten artikel

Untuk mengetahui mengapa Google Adsense penting untuk website berbasis konten, maka  perlu diketahui bagaimana cara kerjanya. Hal ini sebenarnya cukup sederhana, jika benar-benar dipelajari dengan serius. Publisher atau webmaster tinggal memasukan kode adsense. Setiap kali halaman di akses orang, maka kode yang sudah dipasang akan menampilkan iklan secara otomatis. Iklan yang tayang biasanya menyesuaikan dengan jenis konten dan tema yang dibahas dalam konten tersebut. Jika pengunjung website mengklik iklan, maka pemilik website akan mendapatkan sebagian biaya yang dibayarkan pengiklan melalui Google Adwords.

4 Alasan mengapa google adsense penting untuk website berbasis konten


Google Adsense mampu melakukan pelacakan iklan yang berjalan dan pendapatan yang diperoleh oleh publisher. Dengan menyediakan cara yang mudah untuk publisher agar bisa menampilkan iklan yang ditargetkan tanpa harus minta izin ke pengiklan. Publisher juga disediakan fasilitas untuk melihat statistik iklan yang dijalankan pada website mereka. Dengan data statistik yang tersedia, maka bisa digunakan analisa untuk melakukan perbaikan. Secara umum tidak ada kerugian bagi pengiklan di Google Adsense. Publisher  kadang juga kurang memperhatikan kekurangan informasi yang tersedia di mesin pencari, dan mereka cenderung fokus untuk meningkatkan pendapatannya dari Google Adsense.


Alasan pertama mengapa Google Adsense penting untuk situs berbasis konten karena Google adsense memahami apa yang dibutuhkan oleh pengiklan dan publisher. Dengan berbagai perkembangan dan inovasi yang dilakukan secara terus menurus akhirnya memunculkan sistem yang lebih canggih yang memungkinkan iklan bisa diatur sesuai dengan kondisi publisher. Publisher diberikan kesempatan untuk memilih berbagai jenis dan format iklan baik berupa teks ataupun gambar atau juga kombinasi keduanya untuk ditampilkan di website publihser dan menyesuaikan dengan halaman website.

Format iklan yang berbeda pada Google Adsense mumungkinkan pemilik situs meningkatkan pendapatan dengan banyaknya klik dari pengunjung pada iklan yang dipasang di website.  Hal ini juga mampu manarik pengunjung website untuk mengeklik iklan yang sesuai dengan isi atau konten website. Hal ini dikarenakan visitor biasanya berkunjung atau membuka konten website ketika mereka membutuhkan informasi di konten tersebut, dan iklan adsense yang tampil akan sesuai dengan tema konten yang disajikan. Publisher Adsense juga bisa memodifikasi iklan dengan menyesuaikan dengan warna website dan sebagainya.

Alasan yang kedua adalah kemampuan publisher Google Adsense tidak melacak iklan yang dijalankan, tapi juga bisa memantau pendapatan yang dihasilkan dari iklan. Google Adsense memberikan fasilitas kepada publishernya untuk memantau iklan yang ditayangkan dengan menggunakan laporan atau report yang benar-benar detai. Misalnya laporan berapa iklan yang tayang, berapa jumlah klik, jumlah pendapatan, asal negara orang yang mengeklik iklan, website yang paling banyak memberikan pendapatan, dan sebagainya. Laporan atau report yang diberikan oleh Google Adsense bisa dipastikan up to date. Perubahan laporan akan dilakukan secara cepat dan real time.

Alasan yang ketiga adalah pengiklan yang jumlahnya semakin banyak, karena pengiklan menyadari manfaat dengan menggunakan layanan iklan Google ini. Dengan layanan iklan Google, para pengiklan meningkatkan peluang penjualan produk atau layanan mereka. Hal ini dikarenakan penyajian konten dan tampilan iklan yang inovatif.

Selain untuk situs berbasis konten, Google adsense sebenarnya juga mendukung untuk iklan Video Youtube serta iklan aplikasi ataupun game online yang dipublikasikan di Google Play Store. Tapi hingga saat ini Adsense untuk konten masih lebih diminati oleh publisher.