10 cara ampuh meningkatkan motivasi karyawan di tempat kerja

Cara ampuh meningkatkan motivasi karyawan : Lingkungan bisnis yang terus bergerak cepat menuntut manajer untuk efektif dalam mengorganisir dan memahami kebutuhan dasar manusia serta perilaky di tempat kerja. Dalam membangun komitmen, mengembangkan bakat, dan memastikan motivasi serta produktivitas karyawan dibutuhkan komunikasi yang terbuka dan kepercayaan yang kuat dari karyawan.
    10 cara ampuh meningkatkan motivasi karyawan di tempat kerja

  • Memahami perilaku karyawan

Orang-orang di tempat kerja secara alami ada kecenderungan mengikuti insting proteksi diri dibandingkan terbuka dan bekerja bersama.  Hal ini menunjukan bahwa emosi adalah kekuatan yang kuat di tempat kerja dan mengapa pihak manajemen sering bereaksi dengan mengkritik dan biasanya lebih menekankan kontrol karyawan. Jadi untuk menghindari hal-hal seperti ini dan untuk meningkatkan motivasi karyawan, cara yang terbaik adalah mempengaruhi perilaku dibandingkan mengubah kepribadian. Sekeras apapun yang Anda harapkan dari karyawan, hal itu malah akan memperburuk kondisi.


  • Pastikan bahwa kebutuhan dasar karyawan terpenuhi

Orang memang memiliki berbagai macam kebutuhan. Contoh kebutuhan mendasarnya adalah gaji, keamanan kerja, dan kondisi kerja. Dalam rangka meningkatkan motivasi karyawan , maka harus memenuhi kebutuhan dasarnya dahulu. Dampak ketika gagal dalam memenuhi kebutuhan dasar hampir selalu ditunjukan dengan ketidakpuasan karyawan atau sifat. Kepuasan bisa didapatkan dengan memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi, misalnya peningkatan tanggungjawab kerja dan perkembangan peribadi. Ketika kepuasan terpenuhi, kemungkinan motivasi karyawan akan meningkat.


  • Mendorong kebanggaan


Orang perlu merasa bahwa kontribusi mereka berharga dan unik. Jika Anda seorang manajer, maka cobalah untuk menemukan kebangaan pada diri orang lain, dan bangga atas kemampuan Anda sendiri dalam menangani staf atau karyawan dengan hasil yang positif. Hal ini nantinya akan mendorong motivasi staf atau karyawan.


  • Menjadi pendengar yang baik

Pekerjaan manajer memang banyak mulai dari pertemuan, hingga menjadi pendengar. Dengan mendengar motivasi karyawan atau sfaf bisa memperoleh manfaat bagi manaje dan karyawan / sfatnya. Jadi coba untuk memahami sikap karyawan/staf dengan mendengarkan mereka dengan baik, serta saling bertanya dan menjawab akan memberikan kesempatan karyawan/staf untuk mengekspresikan diri.


  • Membangun kepercayaan

Kebanyakan orang mengalami rasa tidak aman dan nyaman pada saat-saat tertentu. Berbagai jenis kecemasan bisa mempengaruhi orang-orang dalam organisasi atau perusahaan yang akan mengakibatkan mereka merasa tidak aman dan tidak nyaman, dan hal itu berdampak pada penurunan motivasi karyawan. Untuk mengatasinya perlu membangun kepercayaan dengan memberikan pengakuan, meningkatkan posisi dalam pekerjaan, dan memberikan informasi yang lengkap.  Dalam melakukan hal itu, tidak hanya untuk meningkatkan motivasi saja tapi juga meningkatkan produktivitas.


  • Mendorong interaksi atau kontak


Banyak manajer yang ingin bersembunyi dibalik ruangan dan meja kerjanya, dan sangat jarang interaksi / kontak dengan staf atau karyawannya. Sikap seperti itu seharusnya dilakukan oleh administrator, bukan sikap seorang manajer atau pemimpin yang baik. Coba untuk keluar dari kebiasaan buruk dan mulai berinteraksi dengan karyawan / staf secara informal. Perlu diingat bahwa membangun hubungan dengan staf Anda secara efektif akan meningkatkan motivasi karyawan.


  • Menggunakan pikiran strategis untuk semua sfaf atau karyawan

Hal ini sangat penting untuk menginformasikan orang-orang tentang rencana strategis dan peran masing-masing staf/karyawan dalam mencapai tujuan. Terus tingkatkan pemahaman karyawan/staf Anda hingga mereka mampu menerima dan sepakat dengan Anda, karena hal ini akan memiliki pengaruh yang sangat positif pada kinerja dan meningkatkan motivasi karyawan/staf.

  • Membangun kepercayaan

Kualitas dan gaya kepemimpinan adalah faktor utama dalam memperoleh motivasi dan kepercayaan karyawan atau staf. Pengambilan keputusan yang jelas harus dibarengi dengan kerjasama dan rasa saling percaya.  Hal ini perlu dilakukan dengan kredibilitas  dan menghargai kontribusi yang diberikan karyawan atau staf.  Dengan memberikan kesempatan kepada staf Anda untuk menunjukan kemampuan mereka sehingga Anda bisa mempercayai mereka. Maka hal itu cukup untuk meningkatkan motivasi mereka.


  • Delegasi

Dengan mendelegasikan tugas ke bawahan bisa mengurangi tekanan manajer atau pimpinan. Dan hal ini bisa memotivasi staf  atau bawahan, karena dengan hal itu secara otomatis telah memberikan kepercayaan kepada mereka. Dengan memberikan kesempatan staf atau karyawan untuk memilih cara kerja mereka sendiri, membuat keputusan, dan memberi mereka tanggungjawab untuk mencapai tujuan yang di sepakati akan mendorong motivasi karyawan atau staf.

  • Apresiasi

Ketika memilih cara untuk menilai kinerja karyawan atau staf, pastikan bahwa hasil akhirnya memiliki dampak positif pada motivasi dan mampu meningkatkan kepercayaan diri karyawan atau staf. Dengan target yang realistis, feedback positif, dan mendengarkan mereka adalah kata kuncinya.

Jika Anda mencoba langkah sederhana ini untuk meningkatkan motivasi karyawan atau staf Anda, terlebih dahulu pastikan bahwa Anda memiliki hubungan kerja yang baik dengan karyawan atau staf Anda dalam meningkatkan produktivitas perusahaan atau organisasi. Perlu diingat bahwa orang bekerja untuk mendapatkan hasil yang baik bagi perusahaan atau organisasi. Tingkat kebersahilan mereka secara instrinsik terkait dengan bagaimana mereka diarahkan, dipercaya dan dimotivasi oleh manajemen.

Comments

Anonymous said…
Visitor Rating: 5 Stars